Replikasi Basis Data Pada Sistem Pengolahan Data Akademik Univeristas Katolik Santo Thomas

Isi Artikel Utama

Parasian Silitonga

Abstrak

Keinginan untuk menghasilkan aplikasi yang dapat berjalan dalam berbagai platform, kadang kala mengabaikan nilai informasi yang akan disajikan. Tanpa disadari kerusakan data yang disajikan ternyata dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Replikasi merupakan proses penyalinan dan pemeliharaan objek basis data, seperti  tabel-tabel, dalam banyak basis data yang membentuk suatu sistem basis data terdistribusi. Perubahan-perubahan yang dilakukan pada satu tempat dicatat dan disimpan secara lokal sebelum diteruskan dan diterapkan pada setiap lokasi lain.

Dalam tulisan ini akan dibahas implementasi replikasi basis data pada sistem pengolahan data akademik Universitas Katolik Santo Thomas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
P. Silitonga, “Replikasi Basis Data Pada Sistem Pengolahan Data Akademik Univeristas Katolik Santo Thomas”, JTM, vol. 3, no. 1, Jan 2014.
Bagian
Articles

Referensi

Endrei, M., Ang, J., Arsanjani, A., Chua, S., Comte P., Krogdahl, P., Luo, M., Newling, T. (2004). Patterns:Service-Oriented Architecture and Web Services, IBM Corp, New York.

Curino Carlo, Jones Evan, Zhang Yang, Madden Sam. (2010). Schism: a WorkloadDriven Approach to Database Replication and Partitioning, The 36th International Conference on Very Large Data Bases, September 13-17, 2010, Singapore.

Microsoft. (2004). Building Secure Web Services. Pattern and Practices Module. Microsoft Corporation.

Raharja Made., 2012., Perancangan dan Implementasi Aplikasi Web Service., Proceeding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya.

Ramakrishnan, R. G. (2003). Database Management System, Third Edition. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Triyono, Joko., 2012., Replikasi Untuk Meningkatkan Kinerja dan Ketersediaan Data (Studi Kasus Sistem Informasi Akademik)., Jurnal Teknologi Technoscientia Vol. 5 No. 1. Agustus 2012., ISSN : 1979-8415.