Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Perumahan Ideal menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting

Erwin Panggabean

Abstract


Penentuan perumahan mana yang harus dipilih oleh konsumen dipengaruhi oleh banyak komponen (Principal Component Analysis, PCA) faktor, diantaranya harga, lokasi, fasilitas umum, perijinan, desain rumah, dan kedibilitas dari developer. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kriteria-kriteria yang digunakan didalam pemilihan lokasi perumahan ideal oleh konsumen. Kriteria-kriteria tersebut dianalisis menggunakan metode Fuzy Simple Additive Weighting (FSAW) menggunakan Perangkat Lunak PHP dan HTML dan basis datanya menggunakan MYSQL. Hasil daripada sistem yang dibangun berdasarkan  kriteria tertinggi adalah yang memiliki nilai Preverensi (V) paling besar sebagai lokasi perumahan ideal(terbaik).


Full Text:

PDF

References


Ainul Mardhyah, (2006), “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan perumahan di kota Medan”, Universitas Sumatera Utara, Medan

Efraim, Turban dan peng Liang(2005), Decision Support System and Intelegent System(Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas), Edisi 7, jilid 2 Yogyakarta: Andi Offset.

Hartati, Sri. (2003). Fuzzy Multy-Attribute Decision Making(Fuzzy MADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Kusumadewi, Sri. (2003), Artificial Intelligence, Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Kusumadewi, Sri. (2007), Fuzzy Multy Attribute Decision Making, Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Kusrini, (2007), Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta, Penerbit Andi

Wibowo Henry S (2010). “MADM-TOOL : Aplikasi Uji Sensitivitas Untuk Model MADM Menggunakan Metode SAW”. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010, ISSN: 1907-5022 hal E-56-E61, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.