Perancangan Sistem Otomatisasi Backup Data Menggunakan File Transfer Protocol Berbasis Jaringan LAN ( Studi Kasus Pada STMIK TIME Medan )

Isi Artikel Utama

Edi Wijaya
Robet Robet
Robin Robin

Abstrak

Salah satu harta terpenting didalam dunia IT adalah Data. Data biasanya dapat digunakan kembali walaupun sudah beberapa lama tidak dipakai, dan oleh karena itu penyimpanan data merupakan suatu masalah serius yang harus diperhatikan. Data pada komputer server sangat penting terjaga keamanannya sehingga diperlukan suatu proses backup pada data tersebut ke komputer lain yang dijadikan sebagai cadangan apabila terjadi kerusakan pada hardware maupun software komputer server, oleh karena  itu seorang administrator perlu menjamin agar backup dilakukan secara berkala dan untuk itu diperlukan suatu aplikasi yang dapat melakukan proses backup data secara otomatis dari server ke client. FTP merupakan salah satu penyelesaian masalah dalam menghadapi permasalahan diatas, dimana FTP dapat digunakan untuk melakukan proses Download maupun Upload antara komputer server dan client. Apalgi perancangan ini dilengkapi dengan sebuah sistem Autobot yang dapat bekerja secara otomatis dalam hal penyimpanan data dari client ke server sehingga dapat mempermudah administrator.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. Wijaya, R. Robet, dan R. Robin, “Perancangan Sistem Otomatisasi Backup Data Menggunakan File Transfer Protocol Berbasis Jaringan LAN ( Studi Kasus Pada STMIK TIME Medan )”, JTM, vol. 4, no. 1, hlm. 26–30, Jul 2015.
Bagian
Articles

Referensi

Andrew Fiade, 2013, Simulasi Jaringan, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Askari Azikin, 2011, Debian GNU/Linux, Penerbit Informatika, Bandung.

Iwan Sofana, 2011, Teori & Modul Praktikum Jaringan Komputer, Penerbit Modula, Bandung.

Iwan Sofana, 2013, Membangun Jaringan Komputer: mudah membuat jaringan komputer (wire dan wireless) untuk pengguna windows dan linux, Penerbit Informatika, Bandung.

Melwin Syafrizal, 2005, Pengantar Jaringan Komputer, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sukmaaji, Anjik dan Rianto, 2008, Jaringan Komputer: Konsep Dasar Pengembangan Jaringan dan Keamanan jaringan, Cetakan Pertama, Andi, Yogyakarta.

Zaenal Arifin, 2005, Langkah mudah membangun jaringan komputer, Penerbit Andi, Yogyakarta.