ANALISA PENCEGAHAN AKTIVITAS ILEGAL DIDALAM JARINGAN MENGGUNAKAN WIRESHARK

Tengku Mohd Diansyah

Abstract


Faktor kemanan jaringan computer merupakan satu hal yang mutlak dalam membangun suatu jaringan. Pada dasarnya system keamanan yang dimiliki oleh system operasi tidaklah cukup untuk mengamankan jaringan komputer. Oleh karena itu untuk mendapatkan sebuah keamanan jaringan computer maka diperlukan suatu tools yang dapat mendeteksi adanya suatu mekanisme serangan dari jaringan. Jenis serangan yang terjadi bias flooding ataupun syn flood. Dimana tujuan serangan ini adalah untuk membuat komputer yang mengakses tidak bisa berjalan dengan normal sehingga wireshark ini dapat membantu untuk mendeteksi serangan yang akan terjadi sehingga pengguna jaringan internet tidak khawatir dengan serangan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Ariyus, D. 2007. Intrusion Detection System. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Ariyus, D. 2006. Computer Security. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Pratama, A. J. 2010 Design And Implementation Of Data Flooding Prevention On Computer Network dalam Undergraduate Theses Teknik Informatika ITS Surabaya (ict.binus.edu/metamorph/file/research/MA ID_JOURv2.0.pdf diakses tanggal9 November 2015)

Kurniawan, A. 2010. Network Forensics Wireshark. Penerbit Andi: Yogyakarta

Ramadhani, K. B. 2011. Pengamanan Jaringan Komputer Pascasarjana UPN “Veteran” Jatim menggunakan metode “IDS (Intrusion Detection System)” Dari Aktifitas dalam tesis Pasca sarjana UPN Veteran Jatim


Refbacks

  • There are currently no refbacks.