Penggunaan Data Mining Dalam Menentukan Pola Karakteristik Pada Program Peminatan Mahasiswa (Studi Kasus di STMIK TIME Medan)

Hendri Hendri

Abstract


Perguruan tinggi saat ini dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki Selain sumber daya sarana, prasarana, dan manusia, sistem informasi adalah salah satu sumber daya yang digunakan untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Sistem informasi dapat digunakan untuk mendapatkan, mengolah, dan menyebarkan informasi untuk menunjang kegiatan operasional sehari-hari sekaligus menunjang kegiatan pengambilan keputusan strategis.

Data mining adalah salah satu bidang yang berkembang cukup pesat karena besarnya kebutuhan akan nilai tambah dari database skala besar yang makin banyak terakumulasi sejalan dengan pertumbuhan teknologi informasi.

Melihat besarnya potensi yang bisa digali dan didapatkan dari  informasi yang tersimpan pada suatu perguruan tinggi menggunakan data mining, maka penulis tertarik untuk mencari pola karakteristik pada program peminatan mahasiswa dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hasil lulusan STMIK TIME.

Full Text:

PDF

References


Amihud Dalimunthe (2008). “Implementasi Data Mining Classification Berdasarkan Tingkat Kelulusan Siswa dengan Metode Decision Tree” Univesitas Putra Indonesia: Tesis M.Kom.

Ariana Azima dan Yudho Giri Sucahyo (2007). “Penggunaan Data Warehouse dan Data Mining untuk Data Akademik Sebuah Studi Kasus Pada Universitas Nasional” Jurnal Sistem Informasi MTI UI. Volume 3. No 2.

Dunham, H. Margareth (2002). “Data Mining: Introductory and Advanced” Prentice Hall.

Fayyad, U., Piatetsky-Shapiro, G. dan Smyth, P. (1996). “From Data Mining to Knowlegde Discovery in Databases” AAAI and The MIT Pres, 37-53

Pramudiono, Iko (2003). “Menambang Permata Pengetahuan di Gunung Data” IlmuKomputer.com

Yudho Giri Sucahyo (2003). “Data Mining Menggali Informasi yang Terpendam” IlmuKomputer.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.