PENERAPAN LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG) DALAM PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PERMAINAN KEN KEN

Isi Artikel Utama

Sylvia Sofyan

Abstrak

Kebanyakan permainan puzzle angka yang dapat digunakan untuk mengasah logika tidak menyediakan bantuan untuk yang dapat digunakan untuk mencari solusi dari permainan. KenKen dan KenDoku merupakan salah satu tipe puzzle aritmatika dan logika yang menyediakan petunjuk angka yang dapat digunakan sebagai bantuan untuk mencari solusi dari permainan. Perancangan permainan Ken-Ken ini dimulai dari proses pengacakan nilai yang terdapat pada setiap kotak dan penentuan ukuran kotak. Setelah itu, proses dilanjutkan dengan mengecek jawaban yang diberikan oleh pemain. Terakhir, akan dihitung total nilai yang diperoleh pemain. Aplikasi permainan KenKen menyediakan petunjuk angka sebagai bantuan dalam mencari solusi dari permainan. Perangkat lunak ini dapat digunakan sebagai media untuk bermain KenKen dan juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan yang cukup menarik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. Sofyan, “PENERAPAN LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG) DALAM PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PERMAINAN KEN KEN”, JTM, vol. 5, no. 1, hlm. 20–22, Jun 2016.
Bagian
Articles

Referensi

John L. Bigg, 2001, Permainan untuk IQ Super, Penerbit Pionir Jaya, Bandung.

Junindar, 2008, Panduan Lengkap Menjadi Programmer Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan VB.Net. Cetakan ke-3. Media Kita, Jakarta.

Kamau, G.M., S. Kimani dan W. Mwangi, 2012, An Enhanced Least Significant Bit Steganographic Method for Information Hiding, Journal of Information Engineering and Applications.

Rahmat Putra, 2005, The Best Source Code Visual Basic, PT. Elex Media Komputindo.

Roger S. Pressman, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Buku Satu), Mc Graw-Hill Companies, Inc, Penerbit ANDI.

Supardi, Y., 2010, Microsoft Visual Basic 2010 untuk Segala Tingkat, PT. Elex Media Komputindo.