MENINGKATKAN KEAMANAN DATA CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN ALGORITMA VIGENERE CIPHER MODIFIKASI

Isi Artikel Utama

Zikrul Alim
Yunie Cancer

Abstrak


Ketergantungan terhadap keamanan data yang disediakan oleh provider komputasi awan dirasakan belumlah cukup, hal ini karena meningkatnya kejahatan dunia maya yang merupakan ancaman terhadap keamanan data pada komputasi awan. Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan data pada komputasi awan tersebut adalah dengan menggunakan algoritma Vigenere Cipher yang telah dimodifikasi, karena pada algoritma vigenere cipher klasik panjang kunci dapat dipecahkan dengan pengujian Kasiski. Modifikasi dilakukan dengan membangkitkan karakter kunci yang baru berdasarkan hasil enkripsi pada karakter sebelumnya. Dengan asumsi bahwa panjang kunci diketahui, dilakukan serangan dengan metode brute force untuk menganalisa tingkat keamanan data yang dienkripsikan menggunakan algoritma vigenere cipher modifikasi. Tingkat keamanan algoritma modifikasi ini akan dibandingkan dengan tingkat keamanan pada algoritma vigenere cipher klasik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Z. Alim dan Y. Cancer, “MENINGKATKAN KEAMANAN DATA CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN ALGORITMA VIGENERE CIPHER MODIFIKASI”, JTM, vol. 5, no. 1, hlm. 23–27, Jun 2016.
Bagian
Articles

Referensi

Ariyus, D. Pengantar Ilmu Kriptografi Teori, Analisis, dan Implementasiâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2008.

Budiyanto, A., Pengantar Cloud Computing. Komunitas Cloud Computing Indonesia, 2012.

Sengupta, Nandita, Holmes & Jeffrey. 2013, Designed of Cryptography Based Security System for Cloud Computing. International Conference on Cloud & Ubiquitous Computing & Emerging Technologies, 2013.

Buyya, R.C., Yeo, S. & Venugopa, S. Marketoriented Cloud Computing: Vision, hype, and reality for delivering it services as computing utilities, Proceedings of the 10th IEEE International Conference on High Performance Computing and Communications (HPCC-08, IEEE CS Press, Los Alamitos, CA, USA), 2008.

Kromodimoeljo, S. Teori dan Aplikasi Kriptografi. SPK IT Consulting, 2009.

Bhateja, A & Kumar, S. Genetic algorithm with elitism for cryptanalysis of vigenere cipher. International Conference on Issues and Challenges in Intelligent Computing Techniques (ICICT), 2014.

Stallings, W. Cryptography and Network Security: Principles and practices. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, 2006.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama