UTILITY VECTORS TO FUZZY PREFERENCE RELATION DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM PENENTUAN POSISI KERJA KARYAWAN

Eva Julia Gunawati Harianja, Eliasta Ketaren

Abstract


Penempatan kerja bukanlah masalah sederhana, sebab kesalahan penempatan dapat mempengaruhi operasi perusahaan. Masalah utama yang dihadapi dalam menyeleksi karyawan adalah masih kurangnya ketepatan dan kecepatan proses penilaian kinerja masing-masing karyawan guna memenuhi posisi tertentu. Penilaian kinerja karyawan yang didasarkan pada kriteria-kriteria tersebut sering kali menjadi masalah dalam proses pengambilan keputusan. Untuk mengekspresikan preferensi pengambil keputusan pada alternatif yang paling diinginkan, dapat dilakukan dengan transformasi format preferensi Utility Vectors to Fuzzy Preference Relation. Selanjutnya memilih metode SAW untuk menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, yang dilanjutkan dengan proses perangkingan untuk menyeleksi alternatif terbaik, dalam hal ini adalah alternatif yang cocok untuk menentukan posisi kerja karyawan yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dengan metode ini diharapkan penilaian akan lebih tepat dan akurat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang telah ditentukan.


Full Text:

PDF

References


Basyaib. F., 2006, Teori Pembuatan Keputusan, Cikal Sakti, Jakarta

Chiclana, Francisco; Herrera-Viedma, Enrique; Herrera, Francisco; 1998, "Integrating Three Representation Models in Fuzzy Multipurpose Decision Making Based on Preference Relations". University of Granada.

Fishburn, P.C.,1967, Additive Utilities with Incomplete Product Set: Applications to Priorities and Assignments, Operations Research Society of America (ORSA) Publication, Baltimore, MD.

Kusrini, 2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.