ANALISA OPTIMASI QUERY DATABASE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN METODE M2S CROSSOVER DAN CHUNK CROSSOVER

Isi Artikel Utama

Eka Rahmadyani

Abstrak

Agar performa web pembelajaran yang ada tetap stabil, maka diperlukan optimasi yang merupakan suatu langkah untuk mengoptimalkan waktu dan volume menjadi lebih efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa optimasi query database dalam web pembelajaran dan untuk menganalisa perbandingan antara optimasi dengan metode M2S Crossover dan metode CHUNK Crossover, sehingga nantinya optimasi query yang terbaik antara dua metode tersebut dapat diimplementasikan pada web pembelajaran guna mengoptimalkan query pada database web pembejaran tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah metode terbaik untuk permasalahan optimasi query database web pembelajaran adalah metode M2S crossover dengan nilai fitness yang lebih tinggi dan waktu yang lebih cepat. Optimasi query database web pembelajaran adalah memindahkan tiap operasi SELECT sejauh mungkin ke bawah query tree selama diperbolehkan oleh attribute-attribute dalam kondisi SELECT, Optimasi query database dalam web pembelajaran dapat meningkatkan performa aplikasi dengan nilai optimum dan tidak membutuhkan banyak iterasi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. Rahmadyani, “ANALISA OPTIMASI QUERY DATABASE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN METODE M2S CROSSOVER DAN CHUNK CROSSOVER”, JTM, vol. 5, no. 2, hlm. 43–48, Feb 2017.
Bagian
Articles

Referensi

Abo-Hamad. Waleed & Arisha, Amr. Simulation–Optimisation Methods in Supply Chain Applications: A review. Irish journal management, pp97-124. 2011.

Coupey , Eloise. Marketing and the Internet: Conceptual foundation. Prentice-Hall, Upper Saddle River. New Jersey. 2001.

Fariza, A. Peramalan Time Series enggunakan Hybrid Algoritma Genetika Simulated Annealing. Hartanto, A.A. & Purbo, O.W. E-Learning Berbasis PHP dan MySql, Elex Media Komputindo, Jakarta. 2003.

ISO 9003-3-1991 and ISO 8204. Quality Management and Quality Assurance Standards, Part 3:Guidelines for the Application of ISO 9001 to the Development, Supply and Maintenance of Software. International Standards Organization.

Jananto, A. Meningkatkan Kecepatan Akses Data dengan Teknologi Optimalisasi Query Rushmore, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XI, No. 1, pp 47-56. 2006.

Koran, J.K.C. Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malaysia, 2002.

Kusumadewi, S. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu. Yogyakarta. 2003.

Ladjamudin, Al-Bahra. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2013.

Murniati. Penerapan Algoritma Genetik Pada Dna Sequencing By Hybridization. Skripsi. Universitas Indonesia. Jakarta. 2009.

Pandao, I. Multi Query Optimization Using Heuristic Approach. Internatio Journal of Computer Science and Network (IJCSN) Volume 1, Issue 4, August 2012 www.ijcsn.org ISSN 2277-5420.

Perangin-angin, K. Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Andi : Yogyakarta. 2006.

Prasetyo, D.D. Aplikasi Database Client/Server Menggunakan Delphi dan MySQL. PT.Elex Media Komputindo. Jakarta 2004.

Saputro. A. Implementasi Algoritma Genetika Untuk Optimasi Penggunaan Lahan Pertanian. DORO: Repository Jurnal Mahasiswa PTIIK Universitas Brawijaya, vol. 5, no. 12. 2015.

Siallagan, M. Optimasi Query Database Menggunakan Algoritma Genetik. Jogjakarta : UII. 2008.

Sutarman. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara. 2012.

Suyanto, A.H. Web Design Theory and Practices. Yogyakarta : Andi. 2010.

Syaifudin, R. Implementasi Holap Untuk Optimasi Query Sistem Basis Data Terdistribusi Dengan Pendekatan Algoritma Genetik. Jurnal Sistem Informasi Bisnis 03. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsin bis. 2014.

Tata, S. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta. 2012.

Wardiana, W. Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Makalah disampaikan pada seminar dan Pameran Teknologi Informasi, 9 Juli 2002, Universitas Komputer Indonesia, Jakarta. 2002.

Yan-Fu, B. Wang, X. Shi,X-W. Yang, Y-V & Li, P. The Optimization Design Of Power Filter By Genetic Algorithm.National Key Laboratory Of Antennas And Microwave Technology Xidian. University. China 2009.

Yuhefizar, Cara Mudah Membangun website interaktif menggunakan CMS Joomla edisi revisi. PT.Elex Media komputindi. Jakarta. 2009.

Yunantara, I.G.S.A.M.D. Analisis dan Implementasi Penjadwalan dengan Menggunakan Pengembangan Model Crossover dalam Algoritma Genetika, Elektron. Ilmu Komputer., Vol. 1, No. 2, pp. 14–23, 2012.