Analisa Perbandingan Boyer Moore Dan Knuth Morris Pratt Dalam Pencarian Judul Buku Menerapkan Metode Perbandingan Eksponensial

Alwin Fau, Mesran Mesran, Guidio Leonarde Ginting

Abstract


Analisa adalah merupakan suatu proses merinci terhadap objek dengan alat bantu tertentu, kedalam beberapa komponen yang saling berhubungan dengan menilai dan mengetahui perbedaan dari kedua objek tersebut yang berbeda. Dalam proses pencarian ada beberapa algortima yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Adapun permasalahannya yaitu dalam proses pencarian judul buku pada perpustakaan Perpustakaan STMIK Budidarma Medan dimana proses pencarian yang dilakukan masih membutuhkan waktu yang sangat lama. String matching adalah proses pencarian semua kemunculan query yang selanjutnya disebut pattern kedalam string yang lebih panjang (teks). Algortima adalah urutan atau langkah-langkah yang disusun secara sistematis untuk myelesaikan sebuah masalah. Adapun algortima yang digunakan dalam menyelesaiakan masalah tersebut yaitu Algortima boyer moore dan algortima knuth morris pratt (KMP). Algortima boyer moore adalah sebuah algortima pencarian yang dimana proses atau cara pencariannnya dilakukan dari kanan pattern sehingga hasil pecarian lebih cepat ditemukan. Algortima Knuth morris pratt (KMP) adalah sebuah algoritma pencarian string yang bekerja dengan memanfaatkan pergeseran pattern dalam teks dari sebeleh kiri kekanan dalam melakukan pencocokan pattern dalam teks. Analisa dalam perbandingan dari kedua algortima pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui algoritma yang mana proses pencarian dan cara kerjanya lebih cepat dengan memanfaatkan metode perbandingan eksponensial (MPE) sebagai metode pengambilan keputusan dalam menentukan hasil perbandingannya.

References


R. Samo, Y. Anistyasari, and R. Fitri, Simantic Search. Yogyakarta: Andi, 2012.

J. I. Sinaga, Mesran, and E. Buulolo, “APLIKASI MOBILE PENCARIAN KATA PADA ARTI AYAT AL-QUR’AN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA STRING MATCHING,” INFOTEK, vol. 2, no. 2, pp. 68–72, 2016.

G. L. Ginting, “Implementasi Algoritma Boyer-Moore Pada Aplikasi Pengajuan Judul Skripsi Berbasis Web,” Pelita Inform., 2014.

Mesran, “IMPLEMENTASI ALGORITMA BRUTE FORCE DALAMPENCARIAN DATA KATALOG BUKU PERPUSTAKAAN,” Maj. Ilm. INTI, vol. 3, no. 1, pp. 100–104, 2014.

dan J. M. Jon Orwant, Jarkko Hietaniemi, Mastering Algorithms R’ith Perl. O’Reilly, 1999.

K. W. Argakusumah and S. Hansun, “Implementasi Algoritma Boyer Moore Pada Aplikasi Kedokteran Berbasi Android,” 2011.

F. T. Waruwu and Mesran, “IMPLEMENTASI ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA APLIKASI KAMUS ISTILAH LATIN FLORA DAN FAUNA BERBASIS ANDROID,” Maj. Ilm. INTI, vol. 4, no. 1, pp. 96–102, 2014.

Marimin, Teknik dan Aplikasi Pengambilan keputusan dengan Kriteria majemuk. 2005.

Didie Nanda Pribadi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Reward kepada Karyawan Menggunakan Metode Perbadingan Eksponensial.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.