Aplikasi Pengenalan Wajah Dengan Menggunakan Metode Euclidean Distance Dan Wavelet Haar

Isi Artikel Utama

Robby Wijaya
Herman Herman

Abstrak

Wajah sebagai salah satu yang dapat digunakan sebagai identifikasi seseorang. salah satunya adalah dengan menggunakan metode Transformasi Wavelet Haar dan Euclidean Distance. Alihragam Wavelet Haar berfungsi untuk mengekstraksi ciri citra masukan sedangkan Euclidean Distance berfungsi untuk proses pengenalan. Prosesnya yaitu mengubah ke citra abu-abu dan normalisasi ukuran jika diperlukan. Perhitungan dilakukan untuk mencocokkan dua buah citra yang diukur melalui nilai jarak Euclidean. Semakin kecil nilai Euclidean maka semakin mirip dua citra yang dicocokkan.Aplikasi menyediakan interface untuk melakukan penyimpanan data identitas dan gambar citra wajah. Selain itu, juga terdapat interface untuk menampilkan data identitas dan gambar yang tersimpan dalam database.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. Wijaya dan H. Herman, “Aplikasi Pengenalan Wajah Dengan Menggunakan Metode Euclidean Distance Dan Wavelet Haar”, JTM, vol. 6, no. 2, hlm. 44–51, Des 2017.
Bagian
Articles

Referensi

Clifford Gower, John. Euclidean Distance Matrix, 2006.

Lim, R. Reinders, M.J.T. and Thiang., Pengenalan Citra WajahdenganPemrosesanAwalTransformasi Wavelet, Jurnal, vol. 02, 2000.

Purnomo, M. H. dan A. Muntasa, KonsepPengolahan Citra Digital danEkstrasiFitur, GrahaIlmu, Yogyakarta, 2010.

Ramadijanti, Nana dan AchmadBasuki, “FiturBentukpada Citraâ€, 2008.

Wijaya, C. M. dan A. Prijono, Pengolahan Citra Digital, InformatikaBandung, Bandung, 2007.