Rancangan Sistem Pakar Psikotes Untuk Penyeleksian Penerimaan Karyawan Pada STMIK TIME Medan

Isi Artikel Utama

Surianti Surianti

Abstrak

Penerimaan karyawan baru merupakan sebuah prosedur yang dijalankan pada seluruh perusahaan termasuk STMIK TIME yang bertujuan dalam penambahan jumlah tenaga kerja pada perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Penerimaan karyawan harus dilakukan seleksi terlebih dahulu agar karyawan yang diterima adalah tenaga kerja yang lebih berkompeten dalam bidang yang akan dikerjakan sehingga tidak terjadi kesalahan penempatan karyawan. Aplikasi psikotes ini dirancang dengan konsep user interface dengan menggunakan visual basic.Net. Sistem pakar psikotes penerimaan karyawan yang penulis gunakan adalah psikotes PAPI Kostick dimana calon karyawan akan diberikan pernyataan sehingga menghasilkan nilai dari 20 aspek kerpribadian yang dikelompokkan menjadi 7 bagian, yaitu :  kepemimpinan, arah kerja, aktivitas kerja, relasi sosial, gaya bekerja, sifat temperamen dan posisi atasan – bawahan. Penggunaaan sistem pakar penerimaan karyawan ini diharapkan dapat membantu mempermudah pengambilan keputusan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. Surianti, “Rancangan Sistem Pakar Psikotes Untuk Penyeleksian Penerimaan Karyawan Pada STMIK TIME Medan”, JTM, vol. 6, no. 2, hlm. 69–78, Des 2017.
Bagian
Articles

Referensi

Cemani. D.P, Soebroto. A.A, Wicaksono. S.A. 2013. Sistem Pakar Tes Kepribadian Papi Kostick Untuk Seleksi Dan Penempatan Tenaga Kerja. Jurnal Matics Matics. 5 (3) : 9-21.

Sri Hartati dan Sari Iswanti, 2008, Sistem Pakar dan Pengembangannya, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta

Sri Kusumadewi, 2003, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta

T. Sutojo, dkk, 2011, Kecerdasan Buatan, Penerbit Andi, Yogyakarta

http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/

saintek/article/view/2428, tanggal akses 1 Maret 2016

https://ardycupu.wordpress.com/2012/06/29/pembuatan-aplikasi-tes-kepribadian-berbasiskan-sistem-pakar, tanggal akses 1 Maret 2016

http://filkom.ub.ac.id/doro/download/article/file/DR00076201306, tanggal akses 1 Maret 2016

http://psychologymania.com/2011/07/tes-papi-kostick-perseptual-and, tanggal akses 1 Maret 2016