Implementasi Algoritma Transposisi Cipher Dalam Sistem Pengamanan Data Pada Jaringan LAN

Isi Artikel Utama

Melvarina Tamba

Abstrak

Perancangan program pengamanan pesan menggunakan transposisi sistem kriptografi dan steganografi bertujuan untuk mengamankan substansi data rahasia apapun dengan cara menyamarkannya ke dalam media-media tertentu. Dengan cara ini keaslian data dapat dipercaya. Program ini dibuat sesuai dengan metode System Development Life Cycle (SDLC). Steganografi dengan metode Metode Cipher Transpostion yaitu mengubah urutan huruf-huruf yang ada di dalam plainteks (pesan yang belum dienkripsi) menjadi cipherteks (pesan yang telah dienkripsi) dengan cara tertentu agar isi dari pesan tersebut tidak dimengerti kecuali oleh orang-orang tertentu. Pada cipher transposisi, huruf-huruf di dalam plainteks tetap saja, hanya saja urutannya diubah. Dengan kata lain algoritma ini melakukan transpose terhadap rangkaian karakter di dalam teks. Nama lain untuk metode ini adalah permutasi atau pengacakan (scrambling) karena transpose setiap karakter di dalam teks sama dengan mempermutasikan karakter-karakter tersebut.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. Tamba, “Implementasi Algoritma Transposisi Cipher Dalam Sistem Pengamanan Data Pada Jaringan LAN”, JTM, vol. 7, no. 1, hlm. 1–7, Mei 2019.
Bagian
Articles

Referensi

R. Sadikin, Kriptografi untuk keamanan jaringan dan implementasinya dalam bahasa Java, Yogyakarta: Andi, 2012.

D. S. Nasution, “Penerapan Metode Linear Kongruen dan Algoritma Vigenere Cipher Pada Aplikasi Sistem Ujian Berbasis LAN,†Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, vol. IV, no. 1, pp. 1-10, 2013.

A. Boyke, “Rancangan Dan Analisis Cipher Berbasis Algoritma Transposisi Dengan Periodisasi Kunci,†Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2010.