Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT. Buana Telekomindo

Isi Artikel Utama

Emma Rosinta Simarmata
Doli Hasibuan

Abstrak

Penggunaan sistem manajemen untuk membina hubungan dengan pelanggan,di antaranya dengan menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM), banyak di lakukan oleh manajemen perusahan untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial CRM dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Buana Telekomindo. Desain penelitian menggunakan. Peningkatan nilai CRM dapat di lakukan dengan cara meningkatkan Kualitas Pelayanan produk, melakukan kontak-kontak secara rutin dengan pelanggan serta menyediakan media komunikasi langgsung dengan pelanggan dll, sehingga dapat meningkatkan relasi dengan para pelanggan serta menjaga loyalitas konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif dan tindakan. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk mendeskripsikan proses bisnis yang berjalan di PT. Buana Telekomindo, yang kemudian dianalisa dengan menggunakan konsep CRM, sehingga terlihat proses mana yang bisa dihilangkan, ditambah atau dimodifikasi. Penelitian tindakan untuk melakukan perbaikan proses bisnis dan selanjutnya melakukan perancangan sistem informasi berbasis CRM, yang terdiri dari perancangan proses menggunakan DFD, perancangan basis data menggunakan ERD dan perancangan antar muka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam kepada pemilik PT. Buana Telekomindo dan observasi langsung proses-proses yang terjadi di PT. Buana Telekomindo serta studi literatur.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. R. Simarmata dan D. Hasibuan, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web PT. Buana Telekomindo”, JTM, vol. 7, no. 1, hlm. 8–14, Mei 2019.
Bagian
Articles

Referensi

A. J. Kundre, I. Wisnubadhra dan T. Suselo, “Penerapan Customer Relationship Management Dengan Dukungan Teknologi Informasi Pada PO Chelsy,†Semnasteknomedia Online, vol. I, no. 1, pp. 7-12, 2013.

O. Dyantina, M. Afrina dan A. Ibrahim, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web,†Jurnal Sistem Informasi, vol. IV, no. 2, pp. 516-529, 2012.

W. Komputer, Panduan Belajar MySQL Database Server, Jakarta Selatan: Media Kita, 2017.

S. Sarosa, Sistem Informasi Akuntansi, Jakarta: Grasindo, 2012.