Perancangan Simulasi Sistem Otentikasi Pengguna Menggunakan Perangkat Radio Frequency Identification (RFID) Dengan Konsep Internet Of Things(IOT)

Isi Artikel Utama

Octara Pribadi
http://orcid.org/0000-0002-5091-8034
Juliyanti Juliyanti

Abstrak

Proses otentikasi adalah proses untuk mengidentifikasi dan mengverifikasi pengguna ketika akan mengakses sumber daya. Sekarang proses otentikasi yang banyak digunakan orang adalah menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Informasi kartu yang dimiliki oleh seseorang disimpan dalam kartu, dan dibaca oleh RFID reader untuk mengotentikasi seseorang. Dalam penelitian ini, penulis akan memanfaatkan protokol MQTT dalam proses otentikasi RFID dengan maksud mengotentikasi dengan memanfaatkan informasi yang tersimpan dalam database dibandingkan dengan cara sebelumnya. Hal ini berguna untuk meningkatkan keamanan dari sistem otentikasi RFID itu sendiri.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
O. Pribadi dan J. Juliyanti, “Perancangan Simulasi Sistem Otentikasi Pengguna Menggunakan Perangkat Radio Frequency Identification (RFID) Dengan Konsep Internet Of Things(IOT)”, JTM, vol. 8, no. 2, hlm. 9–23, Okt 2019.
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Octara Pribadi, STMIK TIME

Program Studi Teknik Informatika

Juliyanti Juliyanti, STMIK TIME

Program Studi Sistem Informasi

Referensi

W. Stallings dan L. Brown, Computer Security: Principles And Practice, 3rd penyunt., New Jersey: Pearson, 2015.

K. Finkenzeller, RFID Handbook: Fundamentals And Applications In Contactless Smart Cards, Radio Frequency Identification And Near-Field Communication, West Sussex: John Wiley & Sons, 2010.

H. Doğan, F. M. Caglar, M. Yavuz dan A. M. Gözel, “Use of Radio Frequency Identification Systems on Animal Monitoring,†SDU International Journal of Technological Science, pp. 38-53, 2016.