PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN DONASI ONLINE PANTI ASUHAN DI KOTA MEDAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Isi Artikel Utama

Chandra Chandra
Jackri Hendrik

Abstrak

Seiring berkembangnya zaman, masyarakat semakin sering memanfaatkan internet untuk banyak keperluan. Melalui pemanfaatan internet yang diterapkan dalam teknologi informasi tentunya dapat membuat proses-proses ataupun pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis. Penerapan teknologi informasi juga dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti bidang pendidikan, bidang ekonomi, dan juga pada bidang sosial. Bidang sosial yang juga memerlukan penerapan teknologi informasi adalah pada proses donasi online di panti asuhan. Proses penggalangan donasi untuk panti asuhan kebanyakan masih dilakukan secara manual yaitu setiap pemilik panti asuhan harus mengunjungi satu per satu rumah masyarakat yang ada untuk meminta donasi ataupun menunggu para donatur mengunjungi panti asuhan mereka dan memberikan donasi kepada mereka. Permasalahan utama proses donasi secara manual adalah terkait masalah kepercayaan dikarenakan tidak adanya transparansi dan informasi penggunaan donasi tersebut. Oleh karena hal tersebut, maka perlu dibangun sebuah sistem informasi geografis dan donasi online bagi panti asuhan yang mampu mengatasi permasalahan yang telah diuraikan. Pada penelitian ini akan diterapkan metode WebQual 4.0 yaitu metode pengukuran aplikasi berdasarkan Quality Function Deployment (QFD). Hasil akhir penelitian berupa dibangunnya sebuah sistem informasi geografis dan donasi online panti asuhan. Penerapan metode WebQual 4.0 dalam pengukuran kualitas sistem informasi geografis dan donasi online panti asuhan menunjukkan bahwa responden setuju bahwa sistem yang dibangun memenuhi atribut WebQual 4.0 dengan baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
C. Chandra dan J. Hendrik, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN DONASI ONLINE PANTI ASUHAN DI KOTA MEDAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0”, JTM, vol. 11, no. 1, hlm. 1–8, Agu 2022.
Bagian
Articles

Referensi

M. S. Pinontoan, A. Rachmat and R. Delima, "Penerapan Metode Waterfall Dan Webqual 4.0 Pada Pengembangan Website Dealer Asa Mandiri Motor," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. V, no. 2, pp. 201-211, 2019.

S. H. Sumantri, M. Supriyatno, S. Sutisna and I. D. K. K. Widana, Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System) Kerentanan Bencana, Jakarta Pusat: CV. Makmur Cahaya Ilmu, 2019.

C. A. Suryani and Listyaningsih, "Strategi Pembentukan KarakterTanggung Jawab Pada Anak Asuh di Panti Asuhan Al Amin Desa Munggusoyi Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik," Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan., vol. VII, no. 2, pp. 753 - 767, 2019.

Y. Supardi and I. Setiawan, Mudah dan Cepat Membuat Program Skripsi dan Tugas Akhir dengan Android, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

Y. Yudhanto and A. Wijayanto, Yuk Berbisnis dengan Laravel dan Android, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

D. R. Utari and A. Wibowo, "Pemanfaatan Google Maps dalam Pembuatan Aplikasi Pemantau Kondisi Jalan dan Lalu lintas," in Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi (SNASTIKOM), 2017.

M. A. Suryawan and M. Mukmin, "Penerapan Google Maps API pada Aplikasi Android untuk Mengetahui Lokasi Situs Sejarah Benteng Keraton Buton," in Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK), 2019.

A. Manik, I. Salamah and E. Susanti, "Pengaruh Metode WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya," Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, pp. 477-484, 2017.

A. D. Prayogo and M. Sutisna, "Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Penggunaan Kembali," Jurnal Riset Bisnis & Investasi, vol. III, no. 2, pp. 39-50, 2017.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika, 2015.

J. Enterprise, Mengenal PHP Menggunakan Framework Laravel, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.

Y. Yudhanto and H. A. Prasetyo, Panduan Mudah Belajar Framework Laravel, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

Y. Supardi and Sulaeman, Semua Bisa Menjadi Programmer Laravel Basic, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

Harwikarya, D. Ramayanti and N. Ani, Dasar Pemrograman 2 : Implementasi Menggunakan Java, C++, Matlab & Pascal, Yogyakarta: Andi, 2017.

S. Hansun, M. B. Kristanda and M. W. Saputra, Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop dan Audition, Yogyakarta: Andi, 2016.

M. Faridi, Fitur Dahsyat Sublime Text 3, Surabaya: LUG, 2015.