PERANCANGAN APLIKASI BUKU CERITA BERGERAK MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)

Isi Artikel Utama

Andy Andy
Agus Maringan Siahaan
Satriya Miharja

Abstrak

Buku adalah jendela dunia, dan membaca buku sudah seharusnya menjadi hak setiap orang terutama pada era digital. Namun dengan kurangnya kesadaran tentang pentingnya membaca bagi anak-anak, sangat disayangkan jika minat membaca menjadi semakin menurun seiring berjalannya waktu. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi buku cerita bergerak menggunakan Procreate dan Adobe Animate untuk membuat ilustrasi dan animasi, berharap membaca kembali menjadi kesukaan anak-anak. Dalam melakukan pengukuran data, digunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang. Data yang dianalisis dihitung secara kuantitatif analisis interval menggunakan skala Likert dan metode UTAUT untuk mengetahui tingkat penerimaan aplikasi buku cerita bergerak. Hasil penelitian menunjukkan kesuksesan implementasi menggunakan metode UTAUT sebesar 61.85% dan yang menyatakan tidak sukses sebesar 38.82%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. Andy, Agus Maringan Siahaan, dan Satriya Miharja, “PERANCANGAN APLIKASI BUKU CERITA BERGERAK MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)”, JTM, vol. 11, no. 1, hlm. 41–47, Agu 2022.
Bagian
Articles

Referensi

S. M. M. M. Dr. H. DARMADI, MEMBACA, YUK “Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini”, Cibubur: GUEPEDIA.

A. Krissandi, B. Febriyanto, K. Cahya dan D. Radityo, Sastra Anak: Media Pembelajaran Bahasa Anak, Yogyakarta: Bakul Buku Indonesia, 2018.

Aris, Arifal dan A. T. Kusumaningrum, “Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Dengan Membacakan Buku Cerita Bermedia Gambar pada Anak Pra Sekolah,” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, vol. 2, p. 155, 2017.

L. Solihin, B. Utama, I. Pratiwi dan N. , dalam Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi, Jakarta, Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan, 2019.

L. Solihin, B. Utama, I. Pratiwi dan N. , “Indeks Aktivitas Literasi Membaca,” dalam Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi, Jakarta, Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan, 2019, p. 53.

V. E. Venkatesh, “User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified Views,” Journal Management Information System Research Center University of Minnesota, vol. 7, no. 2, p. 159, 2017.

N. Aprilia, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD,” Repository Universitas Jambi, Jambi, 2018.

M. F. Farenda, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran SAINS di Sekolah Dasar,” Repository Universitas Jambi, Jambi, 2018.

I. W. Kusumawardani, E. D. Wahyuni dan W. Suharso, “Analisis Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Work Order Android Menggunakan Metode UTAUT Pada PDAM Kota Malang,” DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, vol. 1, no. 2, p. 88, 2018.

“The 12 Principles of Animation,” Lesley University, [Online]. Available: https://lesley.edu/article/the-12- principles-of-animation.