RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PENJADWALAN KARYAWAN PADA RUMAH SAKIT ST. THERESIA JAMBI BERBASIS ANDROID

Isi Artikel Utama

Darex Susanto
Fattachul Huda Aminuddin
Mulyadi
Afrizal
Teuku Djauhari
Windy Adriana

Abstrak

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, penggunaan perangkat mobile sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Salah satunya digunakan untuk mempermudah pekerjaan dalam mengakses informasi secara cepat, akurat dan real time. Salah satu keunggulan teknologi aplikasi berbasis mobile adalah dapat digunakan dalam manajemen waktu yaitu penjadwalan. Rumah Sakit St. Theresia Jambi merupakan rumah sakit swasta yang memiliki jumlah pegawai yang cukup banyak, sehingga saat ini suatu sistem sangat mempengaruhi proses kinerja dan aktivitas pegawai khususnya disiplin dalam bekerja. Berdasarkan pengamatan dan observasi saat ini, sistem penjadwalan pegawai yang bekerja di rumah sakit masih belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi, sistem penjadwalan saat ini di input menggunakan excel oleh staf, kemudian jadwal sudah di susun di grup whatsapp. Namun yang dilakukan saat ini masih belum efektif dan menimbulkan banyak kesalahan seperti jadwal waktu, perubahan jadwal yang tidak realtime dan akurat, serta proses input jadwal yang memakan waktu lama sehingga proses ini cukup menyulitkan staf. Sehingga dibutuhkan suatu sistem agar penjadwalan pegawai dapat dikelola dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi penjadwalan St. Theresia Jambi menggunakan metode waterfall, yang terdiri dari empat langkah yaitu analysis, design, coding, dan testing. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi menggunakan pengujian blackbox dapat disimpulkan bahwa perancangan sudah sesuai dengan yang diharapkan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Susanto, Fattachul Huda Aminuddin, Mulyadi, Afrizal, Teuku Djauhari, dan Windy Adriana, “RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PENJADWALAN KARYAWAN PADA RUMAH SAKIT ST. THERESIA JAMBI BERBASIS ANDROID”, JTM, vol. 11, no. 1, hlm. 22–29, Agu 2022.
Bagian
Articles

Referensi

F. P. M. Rusli, “Pengembangan e-learning mata pelajaran teknologi layanan jaringan,” joise, vol. 3, no. 2, pp. 57-63, 2019.

N. Safaat, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika, 2015

I. Purwanto, “Strategis Sistem Informasi Dan Tatakelola Teknologi Informasi Studikasus Pada Rumah Sakit Xyz,” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008) , pp. 1-6, 2008.

Styawati, S., & Mustofa, K. A support vector machine-firefly algorithm for movie opinion data classification. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 13(3), 219-230. 2019.

KBBI," KBBI, [Online]. Available: http://kbbi.web.id/jadwal. [Accessed 05 Juli 2022].

N. Matondang, E. Mardiani, Wahyudi, Praptiningsih and A. Saebani, Aplikasi Komputer, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019.

Mugiarsih, A., & Sutejo, S. Sistem Informasi Jadwal Praktek Dokter Pada Klinik Bakti Ananda Berbasis Android. JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi), 2(2), 68-73. 2019.

Ruktiningsih, R. Kajian Pelayanan Taksi di Kota Semarang. 1–44. 2013.

C. Tristianto, “Penggunaan Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan,” Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), vol. 12 No 1, 2022.

Aminuddin, F. H., Riyanda, A. R., & Djauhari, T. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Wali Kelas Berdasarkan Prestasi Guru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Berbasis Web. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(1), 728-737.

Dara, Y., Kurniadi, D., & Budayawan, K. Perancangan Aplikasi Perhitungan Zakat Mal, Menentukan Waktu Shalat Dan Arah Kiblat Menggunakan Gps Berbasis Android. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 2(2). 2018.

T. EMS, Program Android dalam Sehari, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

D Susanto, I Riani “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW) studi kasus SMA Negeri 7 Tanjung Jabung Timur “- FORTECH (Journal of Information Technology), 2021

E. Y. Y. &. R. N. Usada, “Rancang bangun sistem informasi jadwal perkuliahan berbasis Jquery Mobile dengan Menggunakan PHP dan Mysql,” Jurnal Infotel, vol. 4, no. 2, pp. 40-51, 2012.

B. Hariyanto, Esensi-Esensi Bahasa Pemrograman Java : revisi keempat, Bandung: informatika, 2012.

Aminuddin, F. H., Puad, L., & Elzas, E. Rancang Bangun Sistem Aplikasi Rehabilitasi (SIREHAB) dalam Pengelolaan dan Pengendalian Pecandu Narkotika dengan Menerapkan Metode Agile Software Development di Wilayah POLDA Jambi. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(4), 704-712. 2022

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama