RANCANGAN APLIKASI PENGELOLAHAN DATA KLAIM ASURANSI MOBIL PADA BENGKEL PEMANCAR JAMBI

Isi Artikel Utama

Darex Susanto
Tamrinsyah
Fery Purnama

Abstrak

Begitu banyaknya pengguna kendaraan roda 4 (empat) di Indonesia, tentunya berbagai resiko selalu menjadi hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah perbaikan kendaraan tersebut. Hadirnya berbagai pilihan asuransi mobil yang melindungi kendaraan kita, menjadikan rasa was- was akan biaya perbaikan kendaraan akan hilang. Asuransi perlindungan mulai dari perbaikan sampai dengan kehilangan menjadi tanggung jawab pihak asuransi dan pihak tersebut telah bekerja sama dengan bengkel service kendaraan yang dipercaya apabila ada kerusakan baik mesin maupun body mobil. Pada Bengkel Pemancar yang ditunjuk sebagai rekanan pihak asuransi mobil untuk perbaikan mobil pada proses klaim asuransi mobil masih menggunakan metode manual yaitu admin bengkel menyiapkan berkas yang akan diklaim seperti surat perintah kerja dari asuransi ke bengkel, kwitansi perbaikan mobil, dokumen penting seperti fotocopy STNK, SIM, KTP, foto kerusakan mobil, foto perbaikan mobil, dan foto pergantian spare part. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan pada penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi pengklaiman asuransi mobil pada bengkel pemancar yang selama ini masih menggunakan metode manual, dimana bengkel harus melengkapi data kendaraan lalu di antar ke asuransi baru mendapatkan surat perintah kerja. Untuk proses perbaikan mobil bisa di kerjakan setelah surat perintah kerja diahkan dan keluar. Proses pengolahan data yang dilakukan oleh pihak Bengkel Pemancar Jambi dalam melakukan proses laporan pengklaiman asuransi mobil masih  kurang akurat,  efektif dan efisien, dengan aplikasi pengelolahan data klaim ini dapat mempermudah proses pengelolahan data yang akurat, efektif dan efisien

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Susanto, Tamrinsyah, dan Fery Purnama, “RANCANGAN APLIKASI PENGELOLAHAN DATA KLAIM ASURANSI MOBIL PADA BENGKEL PEMANCAR JAMBI”, JTM, vol. 12, no. 1, hlm. 10–16, Sep 2023.
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Darex Susanto, a:1:{s:5:"id_ID";s:25:"Universitas Nurdin Hamzah";}

Tertarik dengan perkembangan teknologi, komputer, pendidikan dan kebijakan pendidikan

Referensi

Susanto, D., Aminuddin, F. H., Djauhari, T., & Adriana, W. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PENJADWALAN KARYAWAN PADA RUMAH SAKIT ST. THERESIA JAMBI BERBASIS ANDROID. Jurnal TIMES, 11(1), 22-29.

Neyfa, B. C., & s Salsabila, G. (2016). Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 20(1).

Malawat, M. S., Harwini, D., Mulyani, N., & Hutahaean, J. (2018). E-Commerce Penjualan Menggunakan Metode Customer Relationship Management (Crm). Jurnal Mantik Penusa, 2(2).

Basoni, F., & Shalahudin, M. I. (2021). PERANCANGAN APLIKASI KLAIM PRODUK ASURANSI INSTIVIDUAL PT. ASURANSI JIWA INHEALTH INDONESIA (MANDIRI INHEALTH). Jurnal Maklumatika, 179-190.

Sabaruddin, R., & Murni, S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Asuransi Mobil Dengan Pendekatan Metode Waterfall. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 3(2), 99-108.

A.Hirin and Virgi, 2011, Cepat Mahir Pemograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Luvia Giantika Septiani. 2016.”Purwarupa Robot Pemotong Rumput Taman Menggunkan Raspberry Pi Pada Pt. Dian Surya Global”.Skripsi.Sistem Komputer,STMIK Raharja, Tangerang. Artikel diakses pada tahun 2016 dari https://widuri.raharja.info/index.php?title=Reviaview

Muhammad Ibnu Sa’ad, 2020, Otodidak Web Programming. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama