RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN LANJUT USIA (LANSIA) PADA POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) DI DESA SEBAPO

Isi Artikel Utama

Darex Susanto
Junaidi Surya
Ahmad Louis
Jessica Dwi Harinanda Putri

Abstrak

Pendataan lansia pada posyandu lansia desa Sebapo yang masih belum menggunakan teknologi , mengharuskan mendata lansia lebih lama, sebab data lansia sendiri begitu banyak itemnya. Penulis tertarik menjadikan hal ini untuk meneliti. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang di mana penelitian ini yang menginvestigasi dan memahami fenomena apa yang terjadi, mengapa terjadi, dan bagaimana terjadinya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah posyandu lansia desa Sebapo masih belum menggunakan sistem informasi berbasis komputer yang memadai. Peran komputer sangat dibutuhkan dalam mendata lansia tersebut agar data lebih mudah disimpan dan melakukan pencarian tidak butuh waktu yang lama. Untuk mempermudah pencatatan data lansia dan kartu kunjungan posyandu usila, penulis merancang sistem informasi berbasis website.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Susanto, Junaidi Surya, Ahmad Louis, dan Jessica Dwi Harinanda Putri, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN LANJUT USIA (LANSIA) PADA POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) DI DESA SEBAPO”, JTM, vol. 13, no. 1, hlm. 1–6, Jul 2024.
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Darex Susanto, a:1:{s:5:"id_ID";s:25:"Universitas Nurdin Hamzah";}

Tertarik dengan perkembangan teknologi, komputer, pendidikan dan kebijakan pendidikan

Referensi

Permenkes No. 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

Rohman, Hendra dan Try Nur Aminaa. “Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Posyandu Lansia”. 2018. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan (J-MIAK). Volume 01. No. 2.

Rohman, Hendra dan Try Nur Aminaa. “Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Posyandu Lansia”. 2018. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan (J-MIAK). Volume 01. No. 2.

Sitanggang, Andri Sahata. “Sistem Pengambilan Keputusan dalam Pemilihan Jurusan Menggunakan Metode Eksponensial (MPE) di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Barat”. 2017 Jurnal Pengakajian dan Penerapan Teknik Informatika. Volume 10. No. 1.

Rusmayanti, Atik. “Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan pada Desa Ngadirejen”. 2014 Jurnal Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Volume 6. Nomor 2.

SIM, Suryadharma dan Triyani Budyastuti. Sistem Informasi Manajemen. 2019 Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia. Hal. 5

D. Susanto, Tamrinsyah, dan Fery Purnama, “Rancangan Aplikasi Pengelolahan Data Klaim Asuransi Mobil Pada Bengkel Pemancar JambI”, JTM, vol. 12, no. 1, hlm. 10–16, Sep 2023.

Josi, Ahmat. “Penerapan Metode Prototiping dalam Pembangunan Website Desa (Studi Kasus Desaa Sugihan Kecamatan Rambang)”. 2017. Jurnal Teknologi Informasi Mura. Volume 9. Nomor 1.

Fauzi, Annisa Oktaviana dan Yusuf Amrozi. “Analisis Perancangan Sistem Informasi Pendataan Balita Posyandu Dahlia”. 2019. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer. Volume 10. No.1.

Hanapi, Sunarti dan Zul Adhayani Arda. “Faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kunjungan Lanjut Usia ke Posyandu Lansia”. 2018. Journal of Public Health. Volume 1. Nomor 2.

Sari, Mayang. “Aplikasi Data Pasien dan Penentuan Gizi Ibu Hamil pada Puskesmas Sungai Tabuk”. 2019. Technologia. Volume 10. Nomor 3.

Rohman, Hendra dan Try Nur Aminaa. “Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Posyandu Lansia”. 2018. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan (J-MIAK). Volume 01. No. 2.

Hanapi, S., & Arda, Z. A. (2018). Faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kunjungan Lanjut Usia ke Posyandu Lansia. Gorontalo Journal of Public Health, 1(2), 72-77.