PENERAPAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PADA WEBSITE E-LEARNING STMIK TIME

Isi Artikel Utama

Tintin Chandra

Abstrak

Uji coba pada E-learning tidak langsung sempurna sehingga perlu dikembangkan, setiap ada kendala dan masalah dosen melaporkan dan meminta solusi dan sebagian minta agar sistem E-learning bisa memudahkan dosen agar bisa maksimal dalam penggunaannya. Sistem E-learning STMIK TIME meliputi merekam absensi mahasiswa, proses perkuliahan, pengumpulan tugas, ujian, dan beberapa file penunjang dalam proses perkuliahan. Selain Dosen, mahasiswa juga bisa mengakses Website E-Learning STMIK-TIME dengan menggunakan nama akun dan password yang telah diberikan dari pihak kampus. Apabila dosen dan mahasiswa lupa, maka sistem e-learning juga menyediakan fitur untuk reset password ulang. Implementasi suatu e-learning bisa masuk kedalam salah satu kategori tersebut, yakni bisa terletak diantara keduanya, atau bahkan bisa merupakan gabungan beberapa komponen dari dua sisi tersebut. Belum adanya pola yang baku dalam implementasi e-learning, keterbatasan sumberdaya manusia baik pengembang maupun staf pengajar dalam e-learning, keterbatasan perangkat keras maupun perangkat lunak, keterbatasan beaya dan waktu pengembangan.


Penelitian diawali dari dari login, halaman utama, kehadiran mahasiswa, informasi akademik, sampai dengan logout. Pada umumnya penerapan interaksi manusia dan komputer pada website e-learning STMIK-TIME sudah sangat baik. Penerapan interaksi manusia dan komputer pada sistem e-learning tidak perlu keliatan mewah dan terlalu banyak animasi atau hiasan yang akan membuat website e-learning menjadi tidak optimal dalam penerapan interaksi manusia dan komputer. Kadang kala sebuah website sederhana bisa termasuk sudah mengoptimalkan interaksi manusia dan komputer.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
T. Chandra, “PENERAPAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PADA WEBSITE E-LEARNING STMIK TIME”, JTM, vol. 13, no. 1, hlm. 100–105, Jul 2024.
Bagian
Articles

Referensi

Rusli. M, Dadang Hermawan, Ni Nyoman Supuwiningsih, 2020, Memahami E-Learning, Penerbit Andi Offset Yogyakarta.

Suartama, I. K., 2014, E-Learning: Konsep Dan Aplikasi, Penerbit Universitas Pendidikan Ganesha

Wahyuningsih. D., Rakhmat Makmur, 2017, E-learning : teori dan aplikasi, Penerbit Informatika Bandung

Zakaria. H., Sewaka, Dimas Abisono Punkastyo, 2021, Interaksi Manusia Dan Komputer, Penerbit Unpam Press Banten.