SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON KARYAWAN MARKETING MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Isi Artikel Utama

Siska Ayu Widiana
Iqbal Firdaus
Edwin Tenda
Mahardika I. Takaendengan
Eliasta Ketaren

Abstrak

PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Kotamobagu adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan motor HONDA. Pada PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Kotamobagu melakukan penerimaan karyawan bani dengan posisi sebagai marketing untuk mengisi kuota yang kosong setiap 2 bulan sekali. Selma ini, dalam proses seleksi calon karyawan, PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Kotamobagu masih melibatkan unsur subjektif dan dalam prosesnya masih dengan data yang tidak sesuai sehingga karyawan yang terpilih tidak bertahan lama dan mengundurkan diri dari perusahaan. Pemilihan karyawan baru hanya dilakukan oleh seorang PIC (Person In Charge) bagian marketing. Untuk itu dibuatlah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu perusahaan dm juga PIC dalam memilih calon karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan sehingga bisa mempercepat proses seleksi karyawan. Kriteria yang dipakai di PT. Nusantara Surya Sakti ada 5 kriteria yaitu Pendidikan, Usia, Pengalaman Kerja, Hasil Tes Kepribadian, Hasil Tes Pengetahuan. Sistem ini menggunakan metode perhitungan Simple Additive Weighting (SAW). Sistem ini dapat melakukan penilaian secara lebih objektif. Hasil dari penelitian ini yaitu Manya suatu rancangan sistem pendukung keputusan yang bisa membantu proses seleksi karyawan baru secara objektif, dart secara tepat dan benar sehingga bisa menerima karyawan yang layak diposisi marketing.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. A. Widiana, Iqbal Firdaus, Edwin Tenda, Mahardika I. Takaendengan, dan Eliasta Ketaren, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI CALON KARYAWAN MARKETING MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, JTM, vol. 13, no. 1, hlm. 49–55, Jul 2024.
Bagian
Articles

Referensi

F. Rasam and A. I. C. Sari, "Peran Pemasaran Dalam Kegiatan Usaha Pada Masyarakat Di Desa Jatibaru Cikampek," Journal of Applied Business and Economics, vol. 5, no. 2, pp. 82-96, 2018.

S. Amanah, "Peranan Strategi Promosi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan," Jurnal Lentera, vol. 1, no. 1, pp. 55-66, 2015.

S. B. Utomo and I. Riswanto, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel AHASS Gumilang Motor Rajagaluh Kabupaten Majalengka," Syntax Idea, vol. 1, no. 6, pp. 93-118, 2019.

I. C. Ishak, A. A. E. Sinsuw and V. Tulenan, "Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Sertifikasi Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)," E-Journal Teknik Informatika, vol. 10, no. 1, pp. 1-10, 2017.

W. N. Fadillah, M. H. Al-Areef and J. Khatulistiwa, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Laptop Ideal Dengan Metode SAW," Jurnal J-COM (Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer), vol. 4, no. 1, pp. 7-13, 2023.

S. Mulyati, "Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Penentuan Prioritas Pemasaran Kemasan Produk Bakso Sapi," Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 1, no. 1, pp. 33-37, 2016.

R. Rachman, "Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Proses Penilaian Kinerja Karyawan," Jurnal Tekno Insentif, vol. 12, no. 2, pp. 21-27, 2018.

Frieyadie, "Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan," Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, pp. 37-45, 2016.

D. Purnomo, "Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi," JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, pp. 54-61, 2017.

Kurniati, "Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Pengarsipan Dokumen Kantor Kecamatan Lais," Journal of Software Engineering Ampera, vol. 2, no. 1, pp. 16-27, 2021.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama