Perancangan Aplikasi Tes Psikologi Kecerdasan Majemuk Menggunakan Howard Gardner's Theory Of Multiple Intelligences Dengan Microsoft Visual Basic .Net

Isi Artikel Utama

Jackri Hendrik

Abstrak

Karyawan memiliki peran yang berbeda di dalam sebuah perusahaan dan saling mengisi kekosongan satu sama lain, sehingga produktivitas kerja dapat tercapai. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana memberikan gambaran mengenai potensi kecerdasan karyawan kepada perusahaan sehingga karyawan dapat ditempatkan pada posisi yang tepat. Masalah ini dapat diselesaikan dengan membangun aplikasi tes psikologi kecerdasan majemuk. Kecerdasan majemuk Howard Gardner terdiri atas tujuh jenis kecerdasan, yaitu kecerdasan bahasa (linguistik), kecerdasan logika matematika, kecerdasan musik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan visual atau spasial, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan majemuk dapat memberikan gambaran kecerdasan karyawan kepada pemilik perusahaan, sehingga pemilik perusahaan dapat menempatkan karyawannya pada posisi yang tepat. Aplikasi dapat digunakan untuk memberikan gambaran tipe kecerdasan majemuk dan tipe kecerdasan yang paling dominan berdasarkan pada Howard Gardner's Theory of Multiple Ingelligences, sehingga dapat diimplementasikan pada perusahaan untuk mengetahui potensi kecerdasan karyawan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
J. Hendrik, “Perancangan Aplikasi Tes Psikologi Kecerdasan Majemuk Menggunakan Howard Gardner’s Theory Of Multiple Intelligences Dengan Microsoft Visual Basic .Net”, JTM, vol. 8, no. 1, hlm. 54–62, Apr 2020.
Bagian
Articles

Referensi

Ahmad, M., dan Rio, A., 2015, Mobile Tourism Application Design for Magelang Regency, Universitas Telkom, Bandung.

Ali, N.R, 2015, Analisis Konsep Howard Gardner tentang Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dan Implikasinya terhadap Pembelajaran yang sesuai dengan Perkembangan Anak di TK Alam Alfa Kids Pati Tahun Ajaran 2014/2015, UIN Walisongo, Semarang.

Anggraini, G., 2012, Aplikasi Mobile Informasi Lokasi Fasilitas Umum Di Bandung, Unikom, Bandung.

Hartono, J., 2010, Analisa & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi, Yogyakarta.

Juansyah, 2015, Pembangunan Aplikasi Child Tracker berbasis A-GPS dengan Platform Android, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Junindar, 2012, Panduan Lengkap Menjadi Programmer, Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan VB.Net, PT. Trans Media, Jakarta.

Kroenke, 2012, Database Processing, Erlangga, Jakarta.

Kusrini dkk, 2017, Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server, Andi, Yogyakarta.

Ladjamudin, Al-Bahra, 2015, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Musfiroh, T., 2012, Multiple Intelligences dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan, Islamic Sources, islami-sources.com.

Pressman, R, 2012, Rekayasa Perangkat Lunak, Mc Graw-Hill Companies, Inc, Andi, Yogyakarta.

Sarosa, S., 2012, Sistem Informasi Akuntansi., Gransindo, Jakarta.

Sasrawan, H., 2016, Tentang Psikologi, UPT. BK UMM, Malang.

Sosiawan, 2012, Psikologi Sosial, www.edwias.com.

Wahana, 2012, Panduan SQL Server 2008, Andi, Yogyakarta.

Winarto, E. dan Zaki, A, 2010, Dasar-Dasar Pemograman dengan Visual Basic 2010, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Winpac, S., 2013, Mudah menguasai Microsoft Access 2007, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Yaqin, M.S.A, 2016, Analisis Perancangan Aplikasi Layanan Laundry Berbasis Visual Basic 2010 dan SQL Server 2000 pada Gajayana Laundry, STIKOM Uyelindo, Kupang.