Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Staf Pengajar Pada Sempoa Sip Merbabu Dengan Kombinasi Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Dan Weight Product (WP)

Isi Artikel Utama

Edi Edi

Abstrak

SEMPOA SIP Merbabu adalah Training Centre yang telah berkembang selama 19 tahun di Medan dan telah terbukti kualitas murid yang baik di Training Centre ini. Pada SEMPOA SIP Merbabu, Coach harus memberikan pengajaran kepada murid sesuai dengan apa yang telah diberikan pada saat Training Coach. Tetapi sampai saat ini masih saja ada Coach yang tidak mengajar sesuai materi Training sehingga koordinator harus sering memantau para guru agar koordinator dapat mengetahui Coach mana saja yang benar-benar mengajar sesuai Training. Namun, proses observasi hanya sebatas diberikannya umpan balik oleh koordinator dan tidak ada perhitungan hasil dari kinerja Coach tersebut. Penelitian pada skripsi ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh SEMPOA SIP Merbabu, yaitu dengan cara mengembangkan sebuah sistem penilaian kinerja berbasis web. Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan proses penilaian kinerja guru pada Sempoa SIP dengan kombinasi metode AHP dan WP. Adapun kriteria yang digunakan mencakup metode dan teknik pengajaran, absensi, penguasaan materi, hasil ujian murid, loyalty dan disiplin. Website ini dibangun dengan menggunakan coding PHP dan database MySQL. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai masukan akan pentingnya sebuah sistem pendukung keputusan di Training Centre serta dapat dijadikan bahan masukan untuk perbaikan dan pengembangan sistem yang diterapkan pada Training Centre.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. Edi, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Staf Pengajar Pada Sempoa Sip Merbabu Dengan Kombinasi Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Dan Weight Product (WP)”, JTM, vol. 8, no. 2, Des 2019.
Bagian
Articles

Referensi

Hasan. I. (2014). Pokok-pokok Materi Pengambilan Keputusan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Umar, R., Abdul Fadlil, Yuminah. (2018). Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan, Vol. 4 No. 1, KHAZANAH INFORMATIKA, ISSN: 2621-038X, Online ISSN: 2477-698X.

Kusrini. (2017). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Zahroh, (2014). Problematika Guru IPA dalam Pembelajaran IPA Terpadu (Studi Kasus di MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2011/2012). Semarang: Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Uzer Usman, (2014). Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Kusmianto. (2017). Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Haviluddin, (2014). Memahami Penggunaan UML (Unified Modeling Languange). Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 6, No. 1, Program Studi Ilmu Komputer Universitas Mulawarman.

Kendall, K.E., dan J.E. Kendal. (2014). Analisis dan Perancangan Sistem, Alih Bahasa oleh Thamir Abdul Hafedh AI - Hamdany, Jilid Ke-1, Edisi Ke-5, PT. Prenhallindo, Jakarta.