Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Batak Toba Dengan Unity 3d Berbasis Android

Isi Artikel Utama

Michael Sianturi

Abstrak

Teknologi pada saat ini sudah banyak berkembang pesat dan banyak fiturnya bersamaan dengan berkembang luasnya jaringan internet.hingga menyebabkan banyak generasi muda terutama pada generasi muda suku batak toba yang melupakan tulisan aksara batak toba.Oleh karena itu penulis memberikan sebuah solusi berupa membuat sebuah aplikasi pembelajaran aksara batak toba,sebagai salah satu cara untuk mempermudah generasi muda dalam memahami materi pembelajaran pengenalan aksara batak toba . aplikasi ini disajikan dalam bentuk visual 2D dibuat dengan software engine Unity 3d serta menggunakan metode Game Development Life Cycle(GDLC). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran edukatif dan interaktif yaitu aplikasi pembelajaran aksara batak toba. Pada aplikasi ini memiliki beberapa menu yaitu menu utama,menu materi,menu setting da quit. Berharap dengan dirancangnya sebuah aplikasi aksara batak toba dengan unity 3d berbasis android. Dapat mempermudah generasi muda dalam mempelajari aksara batak toba.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. Sianturi, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Batak Toba Dengan Unity 3d Berbasis Android”, JTM, vol. 9, no. 2, hlm. 1–5, Des 2020.
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Michael Sianturi, Media Pembelajaran

Nama : Michael Alwendo Venensius Sianturi

Tamatan: Universitas Methodist Indonesia

Hobi: Ngoding,buat Web,Desain,Basket,Menulis.

Referensi

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Perannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Muhammad Rusli dkk. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif: Prinsip Dasar dan Model Pengembangan. Yogyakarta: Andi.

Enterprise, Jubilee. 2015. Mengenal Dasar-dasar Pemrograman Android. Elex Media Komputindo. Jakarta

Nugraha, N. A. (2019). Pembangunan Game Edukasi Mengenai Alat Musik Tradisional Jawa Barat Menggunakan Metode Game Develompent Life Cycle.

Ramadan, R., & Widyani, Y. (2016). Game Development Life Cycle Guide. ICACSIS.

Yahya. (2018). Pengaruh Aplikasi C# dalam Proses Perhitungan Numerik Terhadap Solusi Persamaan Non Linier . Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi.

Filus, Teo. 2017. Pengenalan Bahasa Pemrograma C#. www.codepolitan.com/pengenalan-bahasa-pemrograman-e-587effa1cb95b,

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pempelajaran Anak Usia Dini. Gunung Samudera. Malang.

Prahastito, Rian Oseady. 2016. Aplikasi Game Edukasi Budaya dan Aksara Lampung Berbasis Android. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. Lampung.

Okita, A. (2015). Learning C# Programming with Unity 3D. Boca Raton: CRC Press.

Pranata, Baskara Arya dkk. 2015. Mudah Membuat Game dengan Unity 3D. Jakarta: PT. Elex Komputindo.

Haryanto, H. (2015). Serious Game Berbasis Konsep Open World Sebagai Sarana Belajar Mandiri Dalam Pengenalan Bahasa Mandarin untuk Anak. Techno.com, Vol. 11, No. 4.