APLIKASI PENCARIAN BENGKEL TAMBAL BAN DAN SPBU TERDEKAT DI KOTA MEDAN MENGGUNAKAN METODE DIJKSTRA DAN HAVERSINE BERBASIS ANDROID

Isi Artikel Utama

Robet Robet

Abstrak

Sarana transportasi yang paling banyak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat kota Medan pada saat ini adalah sepeda motor. Walaupun saat ini peningkatan jumlah sepeda motor yang pesat menimbulkan berbagai permasalahan dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan. Namun di sisi lain, sepeda motor memiliki harga yang mudah dijangkau oleh masyarakat dalam menunjang berbagai aktivitas bisnis, pekerjaan, pendidikan untuk berpergian dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan kemudahan mobilitas yang tinggi dan jangkauan akses ke suatu tempat, namun ada kekurangan dari sepeda motor yaitu mudahnya terjadi kebocoran ban serta mudahnya kehabisan bahan bakar minyak dikarenakan umumnya tangki minyak sepeda motor yang kapasitasnya kecil, sehingga pengendara sepeda motor terpaksa harus berhenti dan mendorong motornya. Fakta di lapangan para pengendara sepeda motor yang mengalami kebocoran ban dan kehabisan bahan bakar minyak, untuk mencari lokasi tambal ban ataupun SPBU seringkali dilakukan secara konvensional. Namun yang menjadi permasalahan, karena luasnya kota Medan membuat kesulitan bagi pengendara sepeda motor untuk menelusuri satu per satu lokasi bengkel tambal ban ataupun SPBU apalagi ketika malam hari tidak banyak kedua tempat tersebut buka. Memang saat ini pencarian tempat tambal ban dan SPBU sudah bisa dilakukan melalui aplikasi Google Map, namun kekurangannya adalah aplikasi Google Map belum dapat memberikan rekomendasi bengkel tambal ban dan SPBU terdekat dari posisi pengendara sepeda motor. Oleh sebab itu maka perlu dilakukan penelitian untuk membangun aplikasi pencarian bengkel tambal ban dan SPBU berbasis Android dengan penerapan metode Dijkstra dan Haversine dalam memberikan rekomendasi lokasi terdekat bengkel tambal ban dan SPBU di kota Medan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. Robet, “APLIKASI PENCARIAN BENGKEL TAMBAL BAN DAN SPBU TERDEKAT DI KOTA MEDAN MENGGUNAKAN METODE DIJKSTRA DAN HAVERSINE BERBASIS ANDROID”, JTM, vol. 10, no. 1, hlm. 23–30, Jul 2021.
Bagian
Articles

Referensi

. G. M. Marakas dan J. A. O’Brien, Pengantar Sistem Informasi, Edisi 16, Jakarta: Salemba Empat, 2017.

. Daryanto, Peralatan Bengkel Otomotif, Tangerang: Tsmart, 2018.

. KBBI, “Arti kata tambal”, KBBI [Online]. Tersedia: https://kbbi.web.id/tambal [Diakses: 14 Januari 2020].

. KBBI, “Arti kata ban”, KBBI [Online]. Tersedia: https://kbbi.web.id/ban [Diakses: 14 Januari 2020].

. Buntarto, Sistem Ban & Roda, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.

. Https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_pengisian_bahan_bakar

. M. A. Suryawan dan M. Mukimin, “Penerapan Google Maps API pada Aplikasi Android untuk Mengetahui Lokasi Situs Sejarah Benteng Keraton Buton”, Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK), 2019.

. S. Muis, Global Positioning System Sebuah Pengantar Untuk Metode, Sistem dan Perancangan Sistem, Edisi 2, Surabaya: Teknosain, 2018.

. Y. Supardi dan I. Setiawan, Mudah dan Cepat Membuat Program Skripsi dan Tugas Akhir dengan Android, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

. N. Azizah dan D. Mahendra, “Geolocation dengan Metode Dijkstra untuk Menentukan Jalur Terpendek Lokasi Peribadatan”, Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 2, 2017.

. A. Maulana, A. Solichin, M. Syafrullah, “Penerapan Metode Haversine Pada Sistem Informasi Geografis Untuk Penentuan Lokasi Pembangunan Menara Telekomunikasi Pada Kota Tangerang”, Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 4, no. 1, 2018.

. A. M. Abdillah, Rianto, N. I. Kurniati, “Penerapan Metode Haversine pada Aplikasi Layanan Perbaikan Kendaraan Berbasis Location Based”, Jurnal Informatika (JUITA), vol. 7, no. 2, November 2019.

. Herlinah dan Musliadi, Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop dan Audition, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2019.