SISTEM PAKAR PENDIAGNOSA PENYAKIT GIGI PADA ANAK SDN 3 KOTO ALAM MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Isi Artikel Utama

arvand alfarizki pratama
Irfan Muhammad Ghufron
jauhar ma'ruf
sarifudin hanafi
Abdul Hafidh Anas
Sari Susanti

Abstrak

Penyakit gigi adalah penyakit yang selalu kita jumpai pada anak – anak. Anak – anak yang biasa terserang penyakit tersebut adalah anak – anak dalam usia 6 – 12 yaitu anak – anak sekolah dasar khusunya untuk SDN 3 Koto Alam. Pada jurnal ini kita bisa tahu berapa banyak anak yang terdiagnosa memiliki penyakit gigi pada anak di SDN 3 Koto Alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Certainty Factor karena dengan menggunakan metode ini kita bisa mudah untuk melihat hasil perhitungan dalam data yang di ambil. Hasil dari perhitungan dengan menggunakan metode certainty factor dapat menganalisa dari perhitungan yang telah dilakukan dengan data gejala nyeri saat mengunyah, gusi bengkak, bau busuk di dalam mulut, nyeri saat mengunyah, sulit menelan, sesak nafas, sulit dan sakit saat membuka mulut, nyeri telinga. Dengan hasil diagnosa penyakit gigi anak SD 3 koto alam dengan nilai kepercayaan sebesar 83,88%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
arvand alfarizki pratama, I. Muhammad Ghufron, jauhar ma’ruf, sarifudin hanafi, A. Hafidh Anas, dan S. Susanti, “SISTEM PAKAR PENDIAGNOSA PENYAKIT GIGI PADA ANAK SDN 3 KOTO ALAM MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR”, JTM, vol. 10, no. 1, hlm. 12–15, Jul 2021.
Bagian
Articles

Referensi

. Latumakulita, L. A. (2012). Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Anak Menggunakan Certainty Factor (CF). Jurnal Ilmiah Sains, 12(2), 120-126.

. Zaharah, S., & Lumbanbatu, K. (2020). SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT GIGI MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Jurnal Sistem Informasi Kaputama, 4(1).

. Hartanto, S., & Putri, N. A. (2020). Sistem Pakar Menentukan Kerusakan Gigi Menggunakan Metode Certainty Factor. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(1), 67-75.

. Perdana, E. (2019). Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Pada Anak Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web (Doctoral dissertation, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA).

. Arysespajayadi, A., Sutoyo, M. N., & Qammaddin, Q. (2019). Implementasi Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Karies Gigi. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 167-176.