PENGEMBANGAN GAME “ESA SAGA : LEGACY OF THE BRAVE” MENGGUNAKAN GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa popularitas game sebagai bentuk hiburan interaktif yang diminati secara luas. Namun, kebanyakan game saat ini mengadopsi tema-tema budaya Barat, sementara Indonesia memiliki warisan budaya yang kaya. Dalam rangka mempromosikan pemahaman dan penghargaan terhadap budaya Minahasa, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game "Esa Saga: Legacy of the Brave" berbasis Android dengan fokus pada penerapan pendekatan Game Development Life Cycle (GDLC), menggunakan game engine Unity dan bahasa pemrograman C#. Dengan GDLC, penelitian ini berusaha untuk mengintegrasikan elemen budaya lokal secara efektif dalam game. Selain itu, pengujian alpha dilakukan menggunakan metode black box testing untuk memastikan kualitas game. Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya game Esa Saga: Legacy of the Brave.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) STMIK TIMEReferences
[1] R. Andriyat Krisdiawan, "Penerapan Model Pengembangan Gamegdlc (Game Development Life Cycle) Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile," vol. 2, no. 1, 2019.
[2] M. Khairan Nisfi, I. Fitri Astuti, and D. M. Khairina, "Membangun Game Adventure Quiz 2D Khas Daerah Kalimantan Timur: 'Bejalanan'," Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, 2017.
[3] K. Salen and E. Zimmerman, *Rules of Play: Game Design Fundamentals*. The MIT Press, 2004.
[4] K. M. Kawonal, R. Syafriny, and C. E. V. Wuisang, "Minahasa Cultural Center (Re-Interpreting Tradition)," DASENG, vol. 8, no. 1, May 2019.
[5] A. W. Putra, "Unity – Game Engine Tangguh Untuk Berbagai Platform," *TeknoJurnal*, Jul. 16, 2014. [Online]. Available: https://teknojurnal.com/unity/
[6] Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, "Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence," *Jurnal Digital Teknologi Informasi*, vol. 4, 2021.
[7] R. Ramadan and Y. Widyani, "Game development life cycle guidelines," in *2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS)*, 2013, pp. 95–100. doi: 10.1109/ICACSIS.2013.6761558