ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELACAKAN PENGEMBALIAN BARANG PADA USAHA DISTRIBUTOR YAMAJAYA BERBASIS WEB
Main Article Content
Abstract
Analisis dan perancangan ini membahas permasalahan yang dihadapi oleh usaha distributor Yamajaya dalam memproses pengembalian barang. Terdapat tiga masalah utama yang diidentifikasi: Pencarian data barang pengembalian yang dilakukan secara manual oleh satu admin, progres perbaikan barang yang sulit diketahui karena pencatatan yang terbatas dan tidak terorganisir, serta pelanggan kesulitan mendapatkan informasi pengembalian barang karena harus melalui komunikasi tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan merancang sistem pelacakan pengembalian barang yang otomatis. Tahapan yang digunakan pada analisis dan perancangan ini meliputi menentukan ruang lingkup, analisis masalah, analisis kebutuhan sistem, desain antarmuka, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Sistem yang dirancang menghasilkan fitur penyaringan dan kategorisasi status untuk memudahkan pencarian informasi, serta fitur pelacakan dan pembaruan status progres perbaikan barang. Selain itu, portal sistem dirancang khusus untuk pelanggan dengan notifikasi untuk setiap pembaruan status. Sistem yang dirancang dapat memberikan informasi yang lebih detail dan terorganisir, meningkatkan transparansi, serta mempermudah admin dan pelanggan dalam proses pengembalian barang rusak. Sistem ini diharapkan dapat memberikan inovasi baru dalam proses pelacakan pengembalian barang pada usaha distributor.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) STMIK TIMEReferences
Nanang Tegar, Panduan_Lengkap_Manajemen_Distribusi. Anak Hebat Indonesia, 2019. Accessed: Apr. 05, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Panduan_Lengkap_Manajemen_Distribusi/IQJWEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0&kptab=overview
T. S. Robertson, R. Hamilton, and S. D. Jap, “Many (Un)happy Returns? The Changing Nature of Retail Product Returns and Future Research Directions,” Journal of Retailing, vol. 96, no. 2, pp. 172–177, Jun. 2020, doi: 10.1016/j.jretai.2020.04.001.
B. S. Lilis Susanti, “ANALYSIS OF DAMAGED AND EXPIRED RETURN PROCEDURES AGAINST THE INTERNAL CONTROL SYSTEM OF MERCHANDISE INVENTORY AT PT XYZ,” PENANOMICS: INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, vol. 2, pp. 49–64, Sep. 2023, doi: DOI:10.56107/penanomics.v2i3.143.
G. Barlian and S. Susanti, “Sistem Informasi Tracking Logistik Berbasis Website pada Distribution Center PT Akur Pratama (YOGYA GROUP),” INTEK : Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, vol. 5, pp. 1–9, May 2022, doi: 10.37729/intek.v5i1.1605.
S. E. , M. M. Dr. Dhiana Ekowati et al., RENCANA_BISNIS_4_0. 2023. Accessed: Apr. 12, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/RENCANA_BISNIS_4_0/7SjpEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
G. M. Razak, L. C. Hendry, and M. Stevenson, “Supply chain traceability: a review of the benefits and its relationship with supply chain resilience,” Production Planning and Control, vol. 34, no. 11, pp. 1114–1134, 2023, doi: 10.1080/09537287.2021.1983661.
M. Balfaqih, Z. Balfagih, M. D. Lytras, K. M. Alfawaz, A. A. Alshdadi, and E. Alsolami, “A Blockchain-Enabled IoT Logistics System for Efficient Tracking and Management of High-Price Shipments: A Resilient, Scalable and Sustainable Approach to Smart Cities,” Sustainability (Switzerland), vol. 15, no. 18, Sep. 2023, doi: 10.3390/su151813971.
R. Narang, “How Heads Up For Tails has reduced 30% of its customer service traffic?” Accessed: May 28, 2024. [Online]. Available: https://www.shipway.com/heads-up-for-tails-case-study?_gl=1*19pgvup*_ga*NjQyMzI3NTIyLjE3MTY2NjMxNjc.*_ga_Q8Q3YQ8TBM*MTcyMzYyMjY4OC4yLjAuMTcyMzYyMjY4OC42MC4wLjA.
F. Rebecca, “The Complete Guide to eCommerce Returns Automation - ReturnGO,” Apr. 2023. [Online]. Available: https://returngo.ai/complete-guide-to-returns-automation/
S. Kamnani, “Handling returns for your dropshipping business in the UK.” Accessed: Aug. 14, 2024. [Online]. Available: https://www.loopreturns.com/blog/handling-returns-for-your-dropshipping-business-in-the-uk/