PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Cindy Tanjaya
Irwan Jani Tarigan
Tomy Satria Alasi

Abstract

Pendidikan matematika pada tingkat Sekolah Dasar memegang peranan penting dalam membentuk dasar pemahaman konsep matematika bagi siswa. Namun, pembelajaran konsep bangun ruang seringkali dihadapi dengan tantangan, seperti kesulitan siswa dalam memvisualisasikan objek tiga dimensi sehingga memicu rendahnya minat belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, dirancanglah sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dengan model perancangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang secara interaktif dan menyenangkan. Pengujian dilakukan menggunakan blackbox testing dan hasil menunjukkan bahwa semua fungsi aplikasi berjalan dengan sukses. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di sekolah dasar, serta berkontribusi pada pengembangan pemahaman dan minat belajar siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Tanjaya, I. J. Tarigan, and T. S. Alasi, “PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR ”, JTM, vol. 13, no. 2, pp. 150–166, Dec. 2024.
Section
Articles

References

[1] B. Setyawan, Nf. Rufii, and Ach. N. Fatirul, “AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SD,” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 78–90, Jul. 2019, doi: 10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90.

[2] N. Alfitriani, W. A. Maula, and A. Hadiapurwa, “Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 38, no. 1, pp. 30–38, 2021.

[3] E. D. Utari and Syarifuddin, MEDIA PEMBELAJARAN (DARI MASA KONVENSIONAL HINGGA MASA DIGITAL), vol. 1. Palembang: Bening Media Publishing, 2022. [Online]. Available: www.bening-mediapublishing.com

[4] S. Lestari, “PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR,” JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), vol. 5, no. 1, p. 141, Jun. 2021, doi: 10.32934/jmie.v5i1.226.

[5] I. Mahartika et al., Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Yayasan Kita Menulis, 2023.

[6] P. Aprillianti and W. Wiratsiwi, “PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR,” Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masayarakat, vol. 6, no. 1, pp. 80–88, 2021, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

[7] S. Inayah et al., “SOSIALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENYONGSONG ERA METAVERSE,” 2022.

[8] T. V. Pharausia, T. Afirianto, and F. Amalia, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pengenalan Struktur Hardware Komputer Pada Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK TKJ,” Fountain of Informatics Journal, vol. 7, no. 1, p. 38, Dec. 2021, doi: 10.21111/fij.v7i1.6432.

[9] C. O. Karundeng, D. J. . Mamahit, and B. A. Sugiarso, “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Satwa Langka di Indonesia Menggunakan Augmented Reality,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 1, pp. 1–8, 2018, doi: https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20852.

[10] R. Roedavan, B. Pudjoatmodjo, and A. Putri Sujana, “MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC),” 2022, doi: 10.13140/RG.2.2.16273.92006.

[11] I. Budiman, S. Saori, R. Anwar, Fitriani, and M. Pangestu, “ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DI BIDANG INDUSTRI MAKANAN (Studi Kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi),” Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 1, no. 0.1101/2021.02.25.432866, 2021.