ANALISA INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PADA APLIKASI GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIK

Isi Artikel Utama

Muhammad Dzakil Aqli
Roki Fatih Musthofa
Farrel Zaindri Althaf
Azhari Ali Ridha

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya melalui pemanfaatan platform pembelajaran daring seperti Google Classroom. Meski platform ini menawarkan berbagai fitur pendukung proses belajar mengajar, aspek usability masih menjadi faktor krusial dalam menentukan efektivitas penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi manusia dan komputer (IMK) pada aplikasi Google Classroom dengan menggunakan pendekatan evaluasi heuristik. Evaluasi dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip heuristik Jakob Nielsen guna mengidentifikasi permasalahan dalam desain antarmuka pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Google Classroom secara umum dinilai mudah diakses dan digunakan, masih terdapat beberapa kendala dalam aspek navigasi, konsistensi tampilan, serta keterbatasan interaksi real-time yang berdampak pada pengalaman pengguna. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kualitas desain antarmuka pada platform pembelajaran daring, serta mendukung pengembangan sistem yang lebih ramah dan responsif terhadap kebutuhan pengguna

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. Dzakil Aqli, R. Fatih Musthofa, F. Zaindri Althaf, dan A. Ali Ridha, “ANALISA INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PADA APLIKASI GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIK”, JTM, vol. 14, no. 1, hlm. 22–32, Jun 2025.
Bagian
Articles

Referensi

[1] A. R. Adriyanto, I. Santosa, and A. Syarief, “Evaluasi Heuristik Sistem Pengelolaan Pembelajaran Daring Perguruan Tinggi Di Indonesia,” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 6, no. 02, pp. 215–234, 2020, doi: 10.33633/andharupa.v6i02.3592.

[2] Sukmawati, “15680-48249-1-Pb,” Kreat. Online, vol. 8, no. 1, 2020.

[3] Dimas Setiawan, Suluh Langgeng Wicaksono, and Naufal Rafianto, “Evaluasi Usability e-Learning Moodle dan Google Classroom menggunakan SUS Quisionnare,” JAMI J. Ahli Muda Indones., vol. 1, no. 1, pp. 55–64, 2020, doi: 10.46510/jami.v1i1.13.

[4] D. Nurhayati, H. Muslimah Az-Zahra, and A. D. Herlambang, “Evaluasi User Experience Pada Edmodo Dan Google Classroom Menggunakan Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL) (Studi Pada SMKN 5 Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 4, pp. 3771–3780, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[5] T. Wisudawati and E. Sulistyowati, “Pengukuran Usability Media Pembelajaran Online Google Classroom(Studi Kasus : Prodi Teknik Industri UDB) Surakarta,” Innov. Res. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 28–32, 2020, doi: 10.37058/innovatics.v2i1.1426.