MENINGKATKAN KUALITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN AI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI). Guru sebagai agen utama dalam pendidikan perlu memiliki kompetensi digital yang memadai, termasuk pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan AI secara efektif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 30 guru dari sekolah menengah yang mengikuti pelatihan pemanfaatan AI dalam pembelajaran. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor posttest dibandingkan pretest, dengan rata-rata gain score sebesar 0,60. Selain itu, angket sikap guru menunjukkan penerimaan positif terhadap penggunaan AI, dengan dimensi Perceived Usefulness, Ease of Use, dan Behavioral Intention berada di atas skor 4,00 dari skala 5. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan AI mampu meningkatkan kompetensi guru, baik dari sisi pengetahuan maupun kesiapan sikap terhadap teknologi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya integrasi pelatihan AI dalam program pengembangan profesional guru secara berkelanjutan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) STMIK TIMEReferensi
[1] F. Boentolo, C.-C. C. R. Manu, O. G. Saragih dan S. Zalukhu, “PERAN GURU MEMANFAATKAN AI DALAM MEMBANGUN GENERASI UNGGUL MENUJU INDONESIA EMAS 2045,” Aletheia Christian Educators Journal, vol. 5, no. 1, pp. 42-48, 2024.
[2] S. M. Hamid, A. B. M. Mannong dan U. Hambali, “Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) bagi Guru di Darul Uloom School, Satun, Thailand,” JURNAL SOLMA, vol. 14, no. 1, pp. 541-549, 2025.
[3] Sabariah, Rufi’i, R. D. Rusmawati, A. Bandono dan A. Kurniawan, “PEMANFAATAN AI DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN,” Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, pp. 337-351, 2024.
[4] Y. Walter, “Embracing the future of Artificial Intelligence in the classroom: the relevance of AI literacy, prompt engineering, and critical thinking in modern education,” International Journal of Educational Technology in Higher Education, vol. 21, no. 15, pp. 1-29, 2024.
[5] A. S. M. Amadi dan K. Hikmah, “Persepsi Mahasiswa Tentang Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Islam Indonesia,” Journal of Education Research, pp. 292-301, 2025.
[6] L. D. Hammond, M. E. Hyler dan M. Gardner, “Efective Teacher Professional Development,” Learning Policy Institute, Washington DC, 2017.
[7] P. Mishra dan M. J. Koehler, “Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge,” Teachers College Record Volume 108, Number 6, June 2006 ISSN 0161-4681, vol. 108, no. 6, pp. 1017-1054, 2006.
[8] W. Holmes dan I. Tuomi, “State of the art and practice in AI in education,” John Wiley & Sons Ltd., London, 2022.
[9] R. Luckin, M. Cukurova, C. Kent dan B. d. Boulay, “Empowering educators to be AI-ready,” Computers and Education: Artificial Intelligence, vol. 3, pp. 1-11, 2022.
[10] F. D. Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,” Management Information Systems Research Center, vol. 13, no. 3, pp. 319-340, 1989.