PENERAPAN METODE USER-CENTERED DESIGN (UCD) DALAM PERANCANGAN UI&UX PADA PLATFORM ENGLISH ASSESSMENT BERBASIS WEB
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan platform English Assessment berbasis web untuk persiapan TOEFL dan IELTS guna mengatasi dominasi metode manual di kampus Indonesia yang lambat dan rentan error. Menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD), proses mencakup analisis kebutuhan pengguna, perancangan prototype (information architecture, user flow, desain interface), pengujian usability dengan UEQ pada 36 responden (mayoritas mahasiswa berpengalaman TOEFL/IELTS), serta implementasi penyempurnaan berdasarkan feedback. Hasil usability test menunjukkan skor rata-rata >4,00 (skala 1-5), tertinggi pada navigasi UI (4,48) dan alur asesmen (4,39), dengan error rendah (13%) dan kepuasan keseluruhan 4,19 memenuhi kriteria >75% efisiensi. Penyempurnaan meliputi kontras visual (ikon hijau pada "Well Done", highlight tombol "Play") dan progress skor yang lebih jelas. Platform mengintegrasikan fitur test preparation, marketplace kursus, dashboard LMS, dan komunitas English Club, berkontribusi pada ekosistem pembelajaran digital inklusif. Saran lanjutan: pengujian skala besar dan integrasi AI.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) STMIK TIMEReferensi
[1] Nurhasanah, A., & Voutama, A. (2024). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: FAKULTAS ILMU KOMPUTER). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1).
[2] Umiga, M. (2022). Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi e-Learning Studi Kasus SMK N Jenawi dengan Pendekatan User Centered Design. Jurnal Cakrawala Informasi, 2(2), 56-62.
[3] Designing UI/UX for Reading Games in Indonesian and English for Early Childhood Using the Human-Centered Design Method. (2024). INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 9(2), 740-752.
[4] Novianto, A. R., & Rani, S. . (2022). Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 2(1), 21–32.
[5] Y. Y. Marbun, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, "Pembuatan Aplikasi TOEFL sebagai Media Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Web," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 83-92.
[6] Pangkey, M. E. M., Najoan, X. B. N., & Paturusi, S. D. E. (2024). Perancangan UI/UX Website UPT Bahasa menggunakan Heuristic Evaluation dan User-Centered Design. Jurnal Teknik Informatika, 19(2), 161–172.
[7] Istighfaroh, F., Wulandari, S., Nurizzakiya, E.L. (2025). "Optimalisasi Skor TOEFL Melalui Online Study Group Pada Siswa SMA Bojonegoro." JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri).
[8] Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., Elshifa, A., Gulam, H., & Winarsih, W. (2023). Pengenalan dan latihan soal tes TOEFL guna meningkatkan kemampuan Bahasa inggris pada mahasiswa. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 51-60.
[9] Deli, D. (2021) “Analisis User Interface pada Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Game Visual Novel”, Journal of Applied Informatics and Computing, 5(1), pp. 9–20. doi: 10.30871/jaic.v5i1.2749.
[10] D. R. Alamsyah, M. G. . Resmi, and I. . jaelani, “A DESIGN UI/UX E-LEARNING ENGLISH MOBILE USING USER CENTERED DESIGN (UCD) METHOD: English”, SinkrOn, vol. 7, no. 4, pp. 2434-2443, Oct. 2023.