IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI DALAM PENGAMANAN DATA GAMBAR MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA

Isi Artikel Utama

Christian Repi
Jullia Titaley
Eliasta Ketaren

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah kejahatan siber yang sering terjadi di era digital, khususnya pencurian data yang dapat menyebabkan kerugian bagi korban dengan memanfaatkan data yang dicuri, seperti gambar berisi informasi sensitif seperti KTP. Dengan mempertimbangkan risiko yang ada, penelitian ini menerapkan teknik kriptografi menggunakan Algoritma RSA untuk mengamankan data gambar. Metode penelitian mencakup pengembangan aplikasi yang mampu mengenkripsi data gambar sehingga, jika terjadi pencurian, data tersebut tidak dapat langsung digunakan oleh peretas. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat mengenkripsi data gambar, meningkatkan keamanan, dan mencegah penyalahgunaan data, sehingga diharapkan dapat membantu mengurangi risiko kerugian akibat pencurian data di era digital.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
C. Repi, J. Titaley, dan E. Ketaren, “IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI DALAM PENGAMANAN DATA GAMBAR MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA”, JTM, vol. 13, no. 1, hlm. 93–99, Jul 2024.
Bagian
Articles

Referensi

Ahmad, A. 2012. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi Akar Revolusi dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh. 13.

Yusuf, M., Suryadi. dan Hamid, R. 2022. Analisis Kejahatan Hacking Sebagai Bentuk Cyber Crime Dalam Sistem Hukum yang berlaku di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Sasongko, J. 2005. Pengamanan Data Informasi menggunakan Kriptografi Klasik. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 160-167.

Fahreza, A. M., dan Harbani, A. 2019. Aplikasi Keamanan Data Gambar Menggunakan Algoritma RSA (Rivest Shamir Adleman) Berbasis Desktop. Program Studi Teknik Informatika STIKOM Binaniaga Bogor. Jurnal Ilmiah Teknologi, 1-9.

Munir, R. (2019). Kriptografi. Pernerbit Informatika Bandung.

Ginting, A., Isnanto, R. R., dan Windasari, I. P. 2015. Implementasi Algoritma Kriptografi RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Email. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer.

Anwar, B., Nugroho, B. N., Prayudha, J., dan Azanuddin. Implementasi Algortima RSA Terhadap Keamanan Data Simpan Pinjam. STMIK Triguna Dharma. 18(1). 30-34.

Sutejo. 2021. Implementasi Algoritma Kriptografi RSA (Rivest Shamir Adleman) Untuk Keamanan Data Rekam Medis Pasien. Journal of Information Technology and Computer Science. Universitas Lancang Kuning. 4(1).

Hermawan, A., dan Ujianto, E. I. H. 2021. Implementasi Enkripsi Data Menggunakan Kombinasi AES dan RSA. Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan.

Das, R., dan Goldsztein, G. 2023. Mathematics Behind the RSA Algorithm. Journal of Student Research, 12(1).

Kim, Gyu-Choi., Jong, Yong-Bok. 2022. Fast signing method in RSA with high speed verification. Kim Chaek University of Technology.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama