ANALISIS KEAMANAN PADA KOMBINASI PROTOKOL SECRET SHARING DAN THREE-PASS

Isi Artikel Utama

Satria Prayudi
Robbi Rahim

Abstrak

Protokol Secret Sharing adalah metode yang digunakan untuk membagi atau memecah sebuah pesan rahasia (secret) kepada 2 (dua) atau lebih penerima, sehingga hasil dari pecahan pesan (shares) tersebut tidak dapat diketahui oleh para penerima secret, kecuali setiap penerima melakukan pertukaran shares untuk merekonstruksi secret. Permasalahan yang terjadi adalah ketika proses pertukaran shares, ada pihak lain yang mengetahui shares dari para penerima, maka pihak tersebut juga dapat merekonstruksi secret. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, diperlukan pendekatan keamanan tambahan, seperti melakukan enkripsi pesan. Untuk itu digunakan Protokol Three-Pass, protokol ini akan mengamankan proses pertukaran shares antar penerima. Protokol Three-Pass juga memberikan kemudahan pada penerima untuk mengamankan share tanpa harus melakukan distribusi kunci enkripsi, dan share tersandi tersebut tetap terjamin keamanannya. Penelitian ini menganalisa keamanan pada pengiriman secret dengan mengkombinasikan Protokol Secret Sharing dan Protokol Three-Pass. Hasil penelitian ini menyatakan Protokol Three-Pass dapat mengamankan pertukaran shares, walaupun pihak penyerang mendapatkan shares tersandi pada saat pertukaran share, pihak tersebut harus melakukan brute-force terhadap shares tersandi tersebut sebanyak pn bilangan acak  (dimana p adalah modulo pada secret sharing, dan n adalah panjang share), dimana hal ini akan mustahil bagi pihak penyerang untuk mengetahui share yang benar, walaupun dia memiliki sumber daya komputer yang memadai.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. Prayudi dan R. Rahim, “ANALISIS KEAMANAN PADA KOMBINASI PROTOKOL SECRET SHARING DAN THREE-PASS”, JTM, vol. 4, no. 2, hlm. 1–6, Jan 2016.
Bagian
Articles

Referensi

B. Schneier, Applied Cryptography 2nd Edition : Protocols, Algorithms, and Source Code in C Vol 2, California: John Wiley & Sons Inc, 1996.

A. G. Uchôa, M. E. Pellenz, A. O. Santin dan C. A. Maziero, “A Three-Pass Protocol for Cryptography Based on Padding for Wireless Networks,†dalam Consumer Communications and Networking Conference, Las Vegas, NV, USA , 2007.

A. Shamir, “How to share a secret,†Communication of The ACM, vol. 22, no. 11, pp. 612-613, 1979.