PENYISIPAN PESAN DENGAN ALGORITMA PIXEL VALUE DIFFERENCING DENGAN ALGORITMA CAESAR CIPHER PADA PROSES STEGANOGRAFI

Isi Artikel Utama

Robbi Rahim

Abstrak

Steganografi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengamankan informasi. Steganografi yaitu menyembunyikan informasi atau pesan kedalam media lain seperti citra digital, teks, suara atau video sehingga tidak menimbulkan kecurigaan orang lain. Metode steganografi yang banyak digunakan saat ini masih mempunyai kekurangan dalam hal kualitas, kapasitas, dan ketahanan. Oleh karena itu dibutuhkan metode steganografi lain yang lebih baik lagi, dan untuk menambah keamanan pada informasi, steganografi dapat dikombinasikan dengan kriptografi. Metode steganografi yang digunakan yaitu metode pixel value differencing (PVD). Metode ini dapat menyisipkan pesan lebih banyak pada pixel yang memilik nilai kekontrasan tinggi. Untuk menambah tingkat keamanan dari informasi yang akan disisipkan kedalam citra, digunakan kriptografi. Teknik kriptografi yang digunakan yaitu algoritma caesar cipher. Caesar cipher merupakan algoritma yang digunakan sebagai standar kriptografi. Penelitian yang dilakukan yaitu mengkombinasikan steganografi dengan kriptografi pada citra digital. Kemudian dilakukan pengujian terhadap metode steganografi yang digunakan untuk mengetahui kapasitas citra, performansi dari metode pixel value differencing (PVD), kualitas citra yang dihasilkan, dan ketahanan pesan terhadap manipulasi citra dan steganalysis. Berdasarkan hasil pengujian didapat kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pixel value differencing (PVD), kapasitas citra untuk menyisipkan pesan, lebih kecil dari ukuran citranya, waktu proses pada metode ini cukup cepat, kualitas citra setelah disisipi pesan mempunyai kualitas yang baik, namun metode ini juga masih mempunyai kekurangan, karena tidak tahan terhadap manipulasi dan pada beberapa citra masih terdeteksi oleh aplikasi steganalysis.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. Rahim, “PENYISIPAN PESAN DENGAN ALGORITMA PIXEL VALUE DIFFERENCING DENGAN ALGORITMA CAESAR CIPHER PADA PROSES STEGANOGRAFI”, JTM, vol. 5, no. 1, hlm. 6–11, Feb 2016.
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Robbi Rahim, Universitas Prima Indonesia

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Program Studi Sistem Informasi

Referensi

Kromodimoeljo, S. (2010). Teori & Aplikasi Kriptografi. SPK IT Consulting.

Ardianto, 2011, Implementasi Algoritma Kriptografi Caesar Cipher Pada Aplikasi SMS Telepon Seluler Berbasis J2ME, Yogyakarta

J.K Mandal, Journal of Applied Mathematics, Volume 2013 (2013), Article ID 189706.

Abdul Ghofur, Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 5 No.2 Juli 2010.