Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pasien Menggunakan Konsep CRM Pada Pada Klinik Nusantara

Isi Artikel Utama

Emma Rosinta Simarmata
Junika Napitupulu

Abstrak

Klinik Nusantara Medan merupakan sebuah klinik yang memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat medan. Untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik tehadap pasien yang berobat diperlukan suatu penanganan dan pengolahan data yang lebih baik dalam usaha yang sedang berkembang. Dari hasil analisis yang dilakukan, sistem pelayanan pasien yang sedang berjalan pada Klinik Nusantara selama ini masih manual, masih menggunakan media kertas dalam menunjang kegiatan pekerjaannya, penggunaan media kertas dirasakan belum optimal, kendala yang dihadapi pada Klinik Nusantara yaitu pada saat pendaftaran pasien, pegawai harus mencatat data pasien yang berkunjung setiap harinya kedalam buku besar kunjungan harian dan apabila ada pasien yang datang serta tidak membawa kartu berobatnya maka pegawai harus mencari data pasien tersebut. Begitu juga pada bagian obat, pegawai harus mencatat obat kedalam buku besar yang merupakan pengolahan dari resep yang diberikan oleh pasien, sedangkan pada bagian pemeriksaan dokter harus mencatat data penyakit pasien pada kartu rekam medis, dari uraian diatas diperlukan suatu sistem terkomputerisasi yang lebih efektif untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik, disamping sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan pegawai dalam melakukan pekerjaannya selain itu proses penjadwalan dokter pun masih dilakukan secara manual sehingga banyak pasien yang terlalu cepat datang ataupun terlambat datang ke Klinik untuk berobat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. R. Simarmata dan J. Napitupulu, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pasien Menggunakan Konsep CRM Pada Pada Klinik Nusantara”, JTM, vol. 8, no. 1, hlm. 19–28, Apr 2020.
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Emma Rosinta Simarmata, Universitas Methodist Indonesia

Fakultas Ekonomi
Program Studi Komputerisasi Akuntansi

Referensi

Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta. Andi.

Adi, Nugroho, (2010). Konsep Pengembangan Sistem Basis Data. Bandung. Informatika.

Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2008. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Al-Bahra Bin Ladjamudin.2009.Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Al Fatta,Hanif. 2007. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta. Andi.

Eko K Budiardjo. 2010. Penyusunan Fitur Mobile CRM Melalui Pemodelan Organisasi Dengan Metoda Soft System Methodology: Studi Kasus Bengkel Otomotif. Seminar Nasional Informatika 2010 (Semnasif 2010) Issn: 1979-2328)

Fathansyah. 2011. Basis Data. Informatika. Bandung.

Firdaus. 2007. 7 Jam Belajar Interaktif: Php Dan Mysql Dengan Dreamwever. Palembang. Maxicom.

Hartono, M Jogiyanto. 2009. Analisa Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta. Andi Offset.

Jhonsen.(2004), Aplikasi-Aplikasi Untuk Web Master, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jogiyanto.Hm. 2011. Analisis Dan Disain Sistem Informasi. Yogyakarta. Andi Offset

Jogiyanto Hm. 2005. Analisis Dan Desain. Sistem Informasi; Pendekatan. Terstruktur Teori Dan Praktik. Aplikasi Bisnis, Ed Lll. Yogyakarta. Andi.

Kristanto, Harianto, Ir. 2007. Konsep Dan Pemrograman Database. Yogyakarta. Andi.

Minarni, & Yusdi, Y. F. 2015. Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Padang Menggunakan Application Programming Interface (API) Google Maps Berbasis Web. Jurnal TEKNOIF

Rinny E. Kalalo. 2013. Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pt. Matahari Dept. Store, Manado. Jurnal Emba Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 1553-1561

Suryana Dan Taryana, E-Commerce Menggunakan Php & Mysql. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2006

Witarto. (2004), Memahami Sistem Informasi, Informatika, Bandung.