PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT GIGI PADA MANUSIA DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Isi Artikel Utama

emma rosinta simarmata
Junika Napitupulu

Abstrak

Kesehatan merupakan hal yang berharga bagi manusia, karena siapa saja dapat mengalami gangguan kesehatan termasuk pada gigi. Gigi termasuk kedalam organ-organ tubuh yang ada pada wajah. Gigi adalah jaringan tubuh yang paling keras dibanding yang lainnya. Mengingat kegunaannya sangat penting, maka dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi sedini mungkin agar dapat bertahan lama dalam rongga mulut. Gigi sangat rentan pada kuman, gigi itu sendiri walaupun kecil dan terkadang kurang mendapat perhatian, mempunyai pengaruh kesehatan pada manusia, karena dari gigi yang bermasalah dapat menimbulkan penyakit - penyakit lain yang mempunyai tingkat bahaya lebih tinggi namun hal yang patut disayangkan karena tingkat kepedulian masyarakat pada kesehatan gigi umumnya rendah sehingga mereka tidak memperdulikan kesehatan gigi mereka sendiri. Permasalahan ekonomi juga menjadi permasalahan utama dikarenakan untuk mencari seorang dokter gigi memerlukan biaya yang cukup besar sehingga untuk penderita yang kurang mampu lebih memilih untuk memakan obat – obatan seadanya dibandingkan mencari dokter gigi tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkan penerapan teknologi berbasis komputer pada bidang kesehatan diantaranya adalah dengan penerapan sistem pakar. Sistem pakar yang dipakai adalah dengan menggunakan metode Forward Chaining sehingga diharapkan dapat melakukan diagnosis terhadap penyakit gigi pada manusia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
emma rosinta simarmata dan J. Napitupulu, “PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT GIGI PADA MANUSIA DENGAN METODE FORWARD CHAINING”, JTM, vol. 9, no. 2, hlm. 34–41, Des 2020.
Bagian
Articles

Referensi

Napompech, K. (2014). Attributes Influencing Wedding Studio Choice. Journal of Applied Sciences. Asian Network for Scientific Information. Proquest. 14(21): 2685 – 2694, 2014.

Darmawan, Deni dan Fauzi, Nur, Kunkun. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta

Turban, dkk. 2012. Decision Support Systems and Intelligent Systems. Yogyakarta: ANDI

Chong, K. W, Shafaghi, M. dk 2013. B2B e-marketplace: an e-marketing framework for B2B commerce. Bolton Business School, The University of Bolton, Bolton, UK. Marketing Intelligence & Planning, Vol. 28 No. 3, 2010 pp. 310-329.

Lupiyoadi, R., 2014, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Fandy, T., 2013. Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Andy offset, Yogyakarta

Mahalli, A. M., 2001. Menikahlah, Engkau Menjadi Kaya. Yogyakarta: Mitra Pustaka

Kazhim, M. 2007. Buku Pintar Nikah Strategi Jitu Menikah Pernikahan Sukses. Solo: Samudera

Indivara, N. (2007). Cara Pintar Jadi Wedding Organizer. Indonesia Cerdas, Yogyakarta. “Rekayasa Perangkat Lunak”, 2nd ed, Bandung:Informatika, 2014

Connolly, T. dan Begg, C., 2010. Database Systems: a practical approach to design, implementation, and management. 5th Edition. America: Pearson Education

Indrajani, 2015. Database Design (Case Study All in One). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sommerville, I., 2013, Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Yogyakarta: Andi.