PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT COVID19 BERBASIS ANDROID METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR

Isi Artikel Utama

Didik Aryanto

Abstrak

Di tahun 2019, ditemukan suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan kematian melanda berbagai negara di belahan dunia. Penyakit yang di infeksi ini kemudian dinamai dengan sebutan “COVID19” yang merupakan penyakit menular dengan cepat melalui udara serta menyebabkan penyakit pada hewan maupun manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang sebuah aplikasi yang dapat men-diagnosa Covid19 serta memberikan informasi dan tips berbasis Android agar dapat digunakan dimana saja. Analisis ini menggunakan metode Foward Chaining dan Certainty Factor untuk menganalisis penyakit Covid19 secara lebih akurat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan data yang terkumpul, akan dibentuk sistem pakar yang dapat mendiagnosis Covid19 berdasarkan jawaban pengguna. Hasil penelitian menghasilkan aplikasi berbasis Android yang didesain untuk memudahkan pengguna dalam mendiagnosis penyakit Covid19. Pengujian aplikasi setelah selesai dirancang dengan membagikan aplikasi dan kuesioner di sekitar kota Medan, Indonesia. Setelah dilakukan kuesioner sebanyak 27 orang mendapatkan hasil sebesar 69,475% orang mengatakan sangat setuju, 22,2% orang mengatakan setuju, 7,4% orang mengatakan kurang setuju, dan 0,925% orang mengatakan tidak setuju dengan hasil aplikasi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Aryanto, “PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT COVID19 BERBASIS ANDROID METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR”, JTM, vol. 10, no. 2, hlm. 39–46, Jan 2022.
Bagian
Articles

Referensi

Lesmana L.S., “Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining Untuk Diagnosa Pasien Yang Terinfeksi Virus Mers Cov”, Kepulauan Riau:Universitas Putera Batam, 2015

Anggraeni E.Y. dan Irviani R., “Sistem Informasi dan Teknologi Informasi”, Pengantar Sistem Informasi, Edisi I, Yogyakarta: Andi, 2017.

Enterprise J., “Sekilas Mengenai Android”, Mengenal Dasar-Dasar Pemprograman Android, Edisi I, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

Elgin B., “Google Buys Android for Its Mobile Arsenal”, Bloomberg Businessweek, 17 Agustus, 2005. [Diakses: 04 Jan 2021].

Manjoo F., “A Murky Road Ahead for Android, Despite Market Dominance”, The New York Times, 27 Mei, 2015. [Diakses: 04 Jan 2021].