ORDERED VECTORS TO FUZZY PREFERENCE RELATIONS DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SISTEM PENEMPATAN KARYAWAN BARU

Isi Artikel Utama

Eliasta Ketaren
Edwin Tenda
Siska Ayu Widiana

Abstrak

Untuk meningkatkan kinerja perusahaaan, karyawan merupakan salah satu unsur penting dalam hal tersebut terutama dalam penempatan pegawai baru. Prosedur penempatan karyawan baru tersebut dalam hal ini dilakukan dengan Fuzzy Logic. Parameter input yang digunakan yaitu Tes Keahlian, Tes Psikotes dan Tes Akademik. Untuk mengekspresikan preferensi pengambil keputusan pada alternatif yang paling diinginkan, dapat dilakukan dengan transformasi format preferensi Ordered  Vectors to Fuzzy Preference Relations. Selanjutnya memilih metode SAW untuk menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, yang dilanjutkan dengan proses perangkingan untuk menyeleksi alternatif terbaik, dalam hal ini adalah alternatif yang cocok untuk menentukan posisi kerja karyawan yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dengan metode ini diharapkan penilaian akan lebih tepat dan akurat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang telah ditentukan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. Ketaren, Edwin Tenda, dan Siska Ayu Widiana, “ORDERED VECTORS TO FUZZY PREFERENCE RELATIONS DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SISTEM PENEMPATAN KARYAWAN BARU”, JTM, vol. 12, no. 2, hlm. 9–14, Des 2023.
Bagian
Articles

Referensi

Basyaib. F., 2006, Teori Pembuatan Keputusan, Cikal Sakti, Jakarta

Desiani, A. & Arhami, M., 2006, “Konsep Kecerdasan Buatan”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri, 2002, ”Analisa & Desain Sistem Fuzzy”, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

LPPM UNSRAT, 2020. Rencana Strategis Penelitian 2021–2025. Universitas Sam Ratulangi.

Chiclana, Francisco; Herrera-Viedma, Enrique; Herrera, Francisco; 1998, "Integrating Three Representation Models in Fuzzy Multipurpose Decision Making Based on Preference Relations". University of Granada.

Fishburn, P.C.,1967, Additive Utilities with Incomplete Product Set: Applications to Priorities and Assignments, Operations Research Society of America (ORSA) Publication, Baltimore, MD.

Kusrini, 2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan.

Zadeh, L. A. 1965 "Fuzzy Sets." Information and Control 8, 338-53.

Naba, Agus., 2009, “Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Adhar, D. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Jabatan Karyawan pada PT. Ayn dengan Metode Profile Matching. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 16-29.

Firdaus, I. H., Abidllah, G., & Renald, F. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik menggunakan Metode AHP dan TOPSIS. SENTIKA , 440-445.

Kusumadewi, S. (2007). Fuzzy Multi- Attribute Decision Making. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Simatupang, J. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik menggunakan Metode SAW pada AMIK Mahaputra Riau. Jurnal Intra Tech, 73-82.

Ketaren, E. (2016). Utility Vectors To Fuzzy Preference Relation Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Sistem Penempatan Pegawai Baru. Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 1(1).Synplicity Inc., Synplify DSP, http://www. synplicity.com/products/synplifydsp/index.html, 2007.

Harianja, E. J. G., & Ketaren, E. (2016). UTILITY VECTORS TO FUZZY PREFERENCE RELATION DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM PENENTUAN POSISI KERJA KARYAWAN. Jurnal TIMES, 5(1), 28-31.

Ketaren, E. (2017). Utility Vectors To Fuzzy Preference Relation Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Penentuan Kelayakan Penerimaan Beasiswa. Jurnal TIMES, 6(1), 31-35.

Utility Vectors To Fuzzy Preference Relations With Simple Additive Weighting (SAW) Method In New Employee Placement System