SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN TOKO OLEH-OLEH DI KOTA MANADO BERBASIS WEB

Isi Artikel Utama

Vigo Neman
John Kekenusa
Aditya Lapu Kalua
Eliasta Ketaren

Abstrak

Manado memiliki perekonomian yang berkembang dalam sektor pariwisata, kuliner dan kerajinan tangan. Banyaknya pendatang mengunjungi ke toko oleh-oleh untuk membeli kerajinan tangan maupun makanan khas daerah, namun kurangnya akses media sosial untuk informasi letak toko-toko sehingga pengunjung terlebih khusus pengunjung non-lokal lebih sering menjumpai toko yang mudah untuk ditemui karena bertempat strategis. Sistem Informasi Geografis (SIG) pemetaan toko oleh-oleh memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada wisatawan lokal maupun wisatawan non-lokal mengenai lokasi dari setiap toko yang menjual oleh-oleh dengan berbasis website. SIG ini juga meningkatkan pemasaran toko tersebut agar lebih luas dan dapat dijangkau oleh banyak pembeli. Sistem informasi ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development), dan menggunakan Google Maps API untuk menampilkan lokasi toko, sehingga wisatawan dapat mengakses informasi rute dan lokasi dari toko yang akan dikunjungi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
V. Neman, John Kekenusa, Aditya Lapu Kalua, dan E. Ketaren, “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN TOKO OLEH-OLEH DI KOTA MANADO BERBASIS WEB”, JTM, vol. 12, no. 2, hlm. 19–26, Des 2023.
Bagian
Articles

Referensi

Ikhsan A., Najib M., Ulum F., 2020. Sistem Informasi Geografis Toko Distro Berdasarkan Rating Kota Bandar Lampung Berbasis Web. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI). 1(2): 71-79.

Trimarsiah Y., Arafat M., 2017. Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi Pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan Dan Komputer Akmi Baturaja. Jurnal Ilmiah Matrik 19(1): 1-10.

Manongga D., Papilaya S., Pandie S., 2009. Sistem Informasi Geografis Untuk Perjalanan Wisata Di Kota Semarang. Jurnal Informatika 10(1): 1-9