IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA RANCANGAN UI/UX WEBSITE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH NOONGAN
Main Article Content
Abstract
Rumah Sakit Umum Daerah Noongan (RSUD Noongan), yang terletak di Langowan Barat, Kabupaten Minahasa, merupakan rumah sakit tipe C yang dikelola oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. Dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, RSUD Noongan berfokus pada pengembangan teknologi informasi dengan visi "Meningkatkan Sistem Manajemen Rumah Sakit yang berbasis Sistem Teknologi Informatika." Meskipun RSUD Noongan telah mendapat apresiasi dari masyarakat karena pelayanannya yang responsif dan efisien, rumah sakit ini belum memiliki desain prototype atau website resmi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang UI/UX untuk website rumah sakit berbasis web menggunakan metode design thinking, guna menciptakan antarmuka yang intuitif dan menarik, serta memastikan pengalaman pengguna yang memuaskan melalui usability testing. Hasil penelitian menggunakan kuesioner Single Ease Question (SEQ) dan System Usability Scale (SUS) menunjukkan bahwa sistem desain memperoleh nilai SEQ sebesar 6,82, menunjukkan UX dan usability yang sangat efektif. Pengujian SUS mendapatkan nilai 83, yang mengindikasikan bahwa sistem dinilai sangat mudah digunakan dan masuk dalam kategori "Excellent" oleh 10 responden. Skor ini menegaskan bahwa pengguna puas dan menganggap sistem ini memiliki tingkat usability yang sangat tinggi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) STMIK TIMEReferences
ISO, “Ergonomics of human-system interaction —Part 210: Human-centred design for interactive systems,” 2019, [Online]. Available: https://cdn.standards.iteh.ai/samples/77520/8cac787a9e1549e1a7ffa0171dfa33e0/ISO-9241-210-2019.pdf
A. Sidik, Teori, Strategi, dan Evaluasi merancang Website dalam Perspektif Desain. 2019.
Interaction design foundation, “The Basics of User Experience Design BY INTERACTION DESIGN FOUNDATION,” The Basics of User Experience Design, pp. 21–27, 2020, [Online]. Available: interaction-design.org
C. S. Surachman, M. Riyan Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in,” 2022.
D. Haryuda Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” 2021.
ISO, “Ergonomic requirements for office work with visual display terminals. Part 11: Guidance on usability,” ISO No 924111, vol. 2008, no. February 9, p. 22, 1994.
D. S. Wibawa, Y. T. Mursityo, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 11, pp. 10427–10434, 2019, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6690
J. Sauro and J. R. Lewis, Quantifying the User Experience: Practical Statistics for User Research, Second Edition. Elsevier, 2016.
J. Brooke, “SUS : A Retrospective,” no. June, 2013.
F. I. Romadhanti and I. Aknuranda, “Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Musyawarah Masjid menggunakan Goal-Directed Design (GDD) (Studi Kasus : Masjid Ibnu Sina Jl.Veteran Malang),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 10, pp. 3313–3321, 2020, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik