EVALUASI UI/UX PADA GAME FREE FIRE MENGGUNAKAN METODE ENHANCED COGNITIVE WALKTHROUGH

Isi Artikel Utama

Joe Dave Ruei Rompas
Mans Lumiu Mananohas
Stephano Caesar Wenston Ngangi
Eliasta Ketaren

Abstrak

Free Fire adalah sebuah game battle royale yang dikembangkan oleh Garena. Sebagai salah satu game mobile yang sangat populer, Free Fire telah menarik perhatian jutaan pemain di seluruh dunia. Free Fire terus berkembang dan memiliki dampak besar dalam industri game, terutama di pasar game mobile. Penelitian ini berfokus pada penduduk yang tinggal di Kota Manado, Sulawesi Utara, khususnya mereka yang berusia antara 14 hingga 25 tahun. Rentang usia tersebut sering dianggap sebagai periode aktif bagi individu dalam menggunakan teknologi dan memiliki preferensi yang signifikan terhadap antarmuka pengguna suatu aplikasi perangkat lunak termasuk di dalamnya aplikasi game. Selain itu, rentang usia tersebut seringkali menjadi target utama dalam banyak penelitian terkait teknologi, termasuk penggunaan aplikasi atau game seperti Free Fire. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan saran perbaikan sebagai bahan pertimbangan bagi publisher dan developer untuk melakukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode Enhanced Cognitive Walkthrough (ECW) untuk mengevaluasi UI/UX pada Game Free Fire. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan pada permainan Free Fire dengan menggunakan metode Enhanced Cognitive Walkthrough, ditemukan adanya permasalahan dari partisipan saat memainkan permainan ini. Dengan metode ini juga dapat diidentifikasi apa saja permasalahan yang timbul dan rekomendasi perbaikan terhadap masalah-masalah tersebut, sebagai acuan developer untuk meningkatkan kenyamanan user terutama bagian usability.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
J. D. R. Rompas, M. L. Mananohas, S. C. W. Ngangi, dan E. Ketaren, “EVALUASI UI/UX PADA GAME FREE FIRE MENGGUNAKAN METODE ENHANCED COGNITIVE WALKTHROUGH”, JTM, vol. 14, no. 1, hlm. 10–21, Jun 2025.
Bagian
Articles

Referensi

[1] Putra, Tri Andre Mahadika, Satrio Hadi Wijoyo, And Retno Indah Rokhmawati. "Evaluasi User Experience Pada Social Application Mobile Hago Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 3.7 2019: 6721-6730.

[2] Bagas Kusumawardana, F. A. 2022. Evaluasi Ui/Ux Pada Game Free Fire Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough. Jurnal Device, 24-31.

[3] Muslim, D. K., Jonemaro, E. M. A., & Afirianto, T. (2022). Evaluasi User Experience Pada Game Mobile Legend Menggunakan Cognitive Walkthrough. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 2567-2572.

[4] Putra, Tri Andre Mahadika, Satrio Hadi Wijoyo, And Retno Indah Rokhmawati. "Evaluasi User Experience Pada Social Application Mobile Hago Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 3.7 2019: 67216730.

[5] Maguire, M. (2001). Methods to support human-centred design. International journal of human-computer studies, 55(4), 587-634.

[6] Putra, F. P. 2012. Pembuatan Game Animasi 3d Role Playing Game Untuk Pendidikan Budaya Dengan Unity3d Dan Bahasa Pemrograman C (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

[7] Himawan, H., & Yanu F, M. 2020. Interface User Experience.

[8] Zidny, I. (2016). User Experience Dan User Interface. Diperoleh Dari: Http://Uxindo. Com/User- Experiencedan-User-Interface.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>