Aplikasi Prediksi Penentuan Kelancaran Pembayaran Koperasi Dengan Algoritma C5.0

Isi Artikel Utama

Edi Wijaya
Feriani Astuti Tarigan
Michael

Abstrak

Koperasi adalah badan usaha atau badan hukum yang anggotanya saling bekerja sama dalam kegiatan ekonomi. Peran utama dari koperasi adalah melakukan proses simpan dan pinjam uang kepada anggota- anggotanya. Pada saat ini banyak koperasi yang mengalami hambatan operasional dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang dihadapi saat ini membuat bisnis-bisnis tutup dan bankrut sehingga berdampak pada kredit macet yang harus dihadapi koperasi. Kondisi demikian membuat koperasi harus lebih selektif dalam menentukan nasabah-nasabah yang akan mengajukan kredit agar dapat meminimalkan terjadinya kondisi kredit macet. Pada praktiknya, biasanya pihak koperasi akan mengevaluasi kelayakan kredit dari nasabahnya secara konvensional. Proses tersebut tentunya sangat tidak efisien dan efektif dikarenakan apabila jumlah nasabah sangat banyak, maka tentunya memerlukan waktu yang sangat lama dalam melakukan proses evaluasi. Oleh sebab itu pada penelitian ini akan dibangun sebuah aplikasi prediksi penentuan kelancaran pembayaran koperasi dengan algoritma C5.0 agar dapat menyelesaikan permasalahan yang diuraikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algoritma C5.0 dapat digunakan untuk memprediksi kelancaran pembayaran koperasi secara akurat berdasarkan jumlah data training yang tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
E. Wijaya, F. A. Tarigan, dan Michael, “Aplikasi Prediksi Penentuan Kelancaran Pembayaran Koperasi Dengan Algoritma C5.0”, JTM, vol. 10, no. 1, hlm. 31–38, Jul 2021.
Bagian
Articles

Referensi

S. R. D. Setiawan, "Dampak Covid-19, Koperasi Simpan Pinjam Akan Dapat Bantuan Likuiditas," Kompas, 1 Mei 2020. [Online]. Available: https://money.kompas.com/read/2020/05/01/070601126/dampak-covid- 19-koperasi-simpan-pinjam-akan-dapat-bantuan-likuiditas. [Accessed 09 Februari 2021].

Y. Indra and F. Angguntina, "Aplikasi Prediksi Kelayakan Calon Anggota Kredit Pada KSPPS BMT Arya Jiwa Mandiri Wonogiri Menggunakan Algoritma K Nearest Neighbor," JISKa, vol. III, no. 2, pp. 84-94, 2018.

N. L. Hanun and A. U. Zailani, "Penerapan Algoritma Klasifikasi Random Forest Untuk Penentuan Kelayakan Pemberian Kredit di Koperasi Mitra Sejahtera," Journal Of Technology Information, vol. VI, no. 1, pp. 7-14, 2020.

B. Nadeak, A. Parulian, Pristiwanto and S. R. Siregar, "Perancangan Aplikasi Pembelajaran Internet Dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. III, no. 4, 2016.

Lasminiasih, Sandhi, A. Akbar, M. Andriansyah and R. B. Utomo, "Perancangan Sistem Informasi Kredit Mikro Mahasiswa Berbasis Web," Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. VIII, no. 1, pp. 883-893, 2016.

S. Mulyani, Metode Analisis dan Perancangan Sistem, Bandung: Abdi Sistematika, 2016.

D. A. Rianto, S. Assegaf and E. Fernando, "Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi," Jurnal Ilmiah Media SISFO, vol. 9, no. 2, 2015.

Wardana, Aplikasi Website Profesional dengan PHP dan jQuery, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.

G. A. Sugianto, Arini and S. U. Masruroh, "Aplikasi Prediksi Penjualan dan Persediaan Barang Menggunakan Metode SES dan EOQ (Studi Kasus: UD. Sumber Alam Stone )," JISKa, vol. V, no. 1, pp. 14-22, 2020.

Hendrojogi, Koperasi: Asas-Asas, Teori, Dan Praktik, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2020.

V. R. S. Nastiti, Y. Azhar and A. E. Pramudita, "Penerapan Algoritma C5.0 Pada Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Kelulusan Tepat Waktu Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang," REPOSITOR, vol. I, no. 2, pp. 131-140, 2019.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika, 2015.

R. R. Rerung, Pemrograman Web Dasar, Yogyakarta: Deeppublish, 2018.

J. Enterprise, Pengenalan HTML dan CSS, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2016.

A. Saputra, Buku Sakti HTML, CSS, & Javascript - Pemrograman Web Itu Gampang, Jakarta: Start Up, 2019.

M. Masrur, Pemrograman PHP dan MySQL untuk Pemula, Yogyakarta: Andi, 2016.