PERANCANGAN APLIKASI MOBILE BURSA KERJA ONLINE MENGGUNAKAN METODE STRING MATCHING

Isi Artikel Utama

Pieter Octaviandy
Andy
Sherry Wijaya

Abstrak

Bursa kerja atau job fair adalah bursa atau pameran bagi para pimpinan perusahaan dan perekrut karyawan untuk bertemu dengan para pencari kerja yang prospektif. Pada praktiknya, para pencari kerja biasanya melakukan pencarian bursa kerja atau lowongan pekerjaan melalui website Google dan beberapa situs pencari kerja seperti Loker.id dan Jobstreet.co.id. Namun kekurangan dari sistem yang sudah ada sebelumnya yaitu belum terdapat adanya fitur job fair serta belum adanya penerapan sistem rekomendasi lowongan pekerjaan bagi pengguna. Terdapat beberapa penelitian terdahulu yang membahas mengenai bursa kerja online namun belum memiliki fitur rekomendasi lowongan pekerjaan sesuai kriteria dari para pencari kerja melalui penerapan metode ataupun algoritma serta belum adanya penanganan fitur berupa job fair pada kedua penelitian tersebut. Oleh karena permasalahan tersebut, maka akan dilakukan penelitian untuk membangun sebuah sistem informasi bursa kerja online yang diharapkan dapat menyelesaikan kekurangan pada aplikasi yang sudah ada sebelumnya serta kekurangan pada penelitian yang sudah ada sebelumnya. Hasil akhir penelitian berupa dibangunnya sebuah aplikasi mobile bursa kerja online dengan menerapkan metode String Matching yang terbukti cukup akurat dalam memberikan rekomendasi lowongan pekerjaan kepada pencari kerja.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
P. Octaviandy, Andy, dan S. . Wijaya, “PERANCANGAN APLIKASI MOBILE BURSA KERJA ONLINE MENGGUNAKAN METODE STRING MATCHING”, JTM, vol. 10, no. 2, hlm. 47–54, Jan 2022.
Bagian
Articles

Referensi

C. Indonesia, "Angka Pengangguran Naik Jadi 7,05 Juta Orang per Agustus 2019," CNN Indonesia, 5 November 2019. [Online]. Available: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20191105154437-532-445788/angka-pengangguran-naik-jadi-705-juta-orang-per-agustus-2019. [Accessed 8 Februari 2021].

T. Susyanto and K. Mustofa, "Pencarian Lowongan Pekerjaan Berbasis Agen Berdasarkan Profil Pencari Kerja dengan Pendekatan Semantic Web Service," IJCCS, vol. X, no. 1, pp. 103-114, 2016.

D. Gustina, A. Sumbaryadi and Thomas, "Membangun Aplikasi Sistem Informasi Pencari Kerja Berbasis Android," Jurnal Ilmiah FIFO, vol. XI, no. 1, pp. 86-96, 2019.

Lasminiasih, Sandhi, A. Akbar, M. Andriansyah and R. B. Utomo, "Perancangan Sistem Informasi Kredit Mikro Mahasiswa Berbasis Web," Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. VIII, no. 1, pp. 883-893, 2016.

N. Matondang, E. Mardiani, Wahyudi, Praptiningsih and A. Saebani, Aplikasi Komputer, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019.

Y. Supardi, Membuat Program Smartphone untuk Android, BlackBerry, dan iOS, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

Y. Supardi and I. Setiawan, Mudah dan Cepat Membuat Program Skripsi dan Tugas Akhir dengan Android, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

Y. Yudhanto and A. Wijayanto, Yuk Berbisnis dengan Laravel dan Android, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.

W. Komputer, Membangun Aplikasi Mobile Cross Platform dengan PhoneGap, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

I. Farida, Perjanjian Perburuhan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Dan Outsourcing, Jakarta: Sinar Grafika, 2020.

Y. Rochmawati and R. Kusumaningrum, "Studi Perbandingan Algoritma Pencarian String dalam Metode Approximate String Matching untuk Identifikasi Kesalahan Pengetikan Teks," Jurnal Buana Informatika, vol. VII, no. 2, pp. 125-134, 2016.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika, 2015.

D. Herron, Node.js Web Development: Server-side development with Node 10 made easy, New York: Packt Publisher, 2018.

R. Abdulloh, Mudah Membuat Aplikasi Android dengan Ionic 3, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

L. Gani, Menguasai Angular JS Untuk Membuat Website Dinamis, Yogyakarta: Lokomedia, 2017.

J. Enterprise, Mengenal PHP Menggunakan Framework Laravel, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.

Y. Yudhanto and H. A. Prasetyo, Panduan Mudah Belajar Framework Laravel, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

Y. Supardi and Sulaeman, Semua Bisa Menjadi Programmer Laravel Basic, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.