PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN ALAT-ALAT DAPUR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MARKER BASE TRACKING

Isi Artikel Utama

Herman
Hendri
Jonathan Christopher Wiliem

Abstrak

Augmented reality memungkinkan penggunanya memproyeksikan hasil tampilan desain-desain yang diinginkan ke dalam dunia nyata, melalui layar smartphone. Penggunaan teknologi augmented reality yang digunakan pada smartphone mempermudah penggunanya dalam memahami objek benda yang ada di dunia nyata. Teknologi augmented reality sangat berguna untuk memahami bentuk dari objek alat-alat dapur, karena memperlihatkan betuk asli dari objek tersebut, sehingga mempermudah seseorang yang ingin bekerja di dapur memahami fungsi alat-alat tersebut. Pada teknologi augmented reality diperlukan sebuah marker base tracking untuk membuat objek 3D dapat di tampilkan ke dalam dunia nyata dengan menggunkan pandangan kamera smartphone. Dalam pembuatannya teknologi augmented reality diperlukan sebuah software unity.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Herman, Hendri, dan Jonathan Christopher Wiliem, “PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN ALAT-ALAT DAPUR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MARKER BASE TRACKING”, JTM, vol. 11, no. 1, hlm. 16–21, Agu 2022.
Bagian
Articles

Referensi

Ramaita, Armaita, Pringga Vandelis, “Hubungan Ketergantungan Smartphone Dengan Kecemasan (Nomophobia)”, Jurnal Kesehatan, Vol. 10, No. 2, 2019.

Tintin Yuliana, “Kelengkapan Equipment Pada Kitchen Dalam Menunjang Kelencaran Pelaksanaan Operasional Pada Hotel Sudamalam Suites And Villas Resort Lombok”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram : Mataram, 2018.

Juzinar Suhimartia, Didi Susianto, “Aplikasi Akuntansi Persediaan Obat Pada Klinik Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Lampung”, Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JUSINTA), Vol. 2, No. 1, Mei 2019.

Aprilia, Ulfi Dista, "Analisis Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats Terhdap Perkembangan Industri Batik di Tulungangung dalam Perspektif ekonomi Islam", CV. Saha Perkasa Gajah Mada. Repository IAIN Tulungagung, 2018.

Rizha Firdanu, Sentot Achamadi, Suryo Adi Wibowo, "Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenai Peralatan Konstruksi Dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android", JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), Vol. 4, No. 2, September 2020.

Nurrisma, Rizal Munadi, Syahrial, Ernita Dewi Meutia, “Perancangan Augmented Reality dengan Metode Marker Card Detection dalam Pengenalan Karakter Korea”, Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. 16, No. 1, 1 Februari 2021.