IMPLEMENTASI METODE PROTOTYPING DALAM PERANCANGAN UI/UX DESIGN PADA MEDIA DIGITAL TERANG KITA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi pada era saat ini bergerak sangat pesat dan mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk pada bidang media. Media digital terangkita.com, sebuah platform yang bergerak di bidang edukasi dan penyebaran konten positif berbasis nilai-nilai sosial. Proses perancangan dilakukan melalui tahapan metode prototyping, mulai dari pengumpulan kebutuhan pengguna, pembuatan sketsa awal, hingga pengujian desain interaktif. Pendekatan ini memungkinkan kolaborasi yang dinamis antara desainer dan pengguna, serta memberikan fleksibilitas untuk melakukan revisi berdasarkan umpan balik secara iteratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode prototyping mampu meningkatkan kualitas desain UI/UX secara signifikan, ditinjau dari aspek keterpahaman, kemudahan navigasi, dan kepuasan pengguna terhadap antarmuka. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan desain media digital yang lebih human-centered, serta menjadi acuan dalam proses desain interaktif berbasis kebutuhan pengguna.
Kata kunci: UI/UX Design, Prototyping, Media Digital, Desain Interaktif, Terang Kita
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) STMIK TIMEReferensi
[1] A. Hussain and P. Mkpojiogu, “The influence of usability on customer satisfaction in e-commerce,” Journal of Advanced Research in Business and Management Studies, vol. 3, no. 1, pp. 11–20, 2016.
[2] N. R. Shahrbabaki, A. Jantan, and M. A. Selamat, “A Prototype Model for Web-Based Decision Support System: A Case of Academic Performance Evaluation,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications, vol. 10, no. 2, pp. 288–295, 2019.
[3] S. Sutopo and H. Komara, “Penerapan Metode Prototyping dalam Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 5, no. 2, pp. 45–50, 2021.
[4] L. Mulyadi, “Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Menggunakan Pendekatan User-Centered Design (UCD),” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 8, no. 1, pp. 25–30, 2020.
[5] A. F. Rochim, S. Budi, and T. N. Rahayu, “Pengembangan Prototipe Sistem Informasi E-Learning Menggunakan Metode Prototyping,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 7, no. 3, pp. 475–482, 2020.
[6] Y. P. Wibowo and F. A. Lestari, “Implementasi User Experience dalam Perancangan Aplikasi Digital Menggunakan Figma,” Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, vol. 13, no. 2, pp. 88–95, 2021.
[7] A. B. Wijaya and M. R. Ramadhan, “Analisis dan Perancangan User Interface Menggunakan Metode Prototyping pada Aplikasi Pelayanan Publik,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 8, pp. 3120–3128, 2021.